Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model problem based learning (PBL) untuk mengubah pola pikir peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Emalia, Elena Sandra (2025) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model problem based learning (PBL) untuk mengubah pola pikir peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elena Sandra Emalia_06020421038 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Elena Sandra Emalia_06020421038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 January 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pola pikir perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah serta tingkat keberhasilan matematika peserta didik. Terdapat dua jenis pola pikir, yakni pola pikir tetap (fixed mindset) dan pola pikir berkembang (growth mindset). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) untuk mengubah pola pikir peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) untuk mengubah pola pikir peserta didik. Penelitian merupakan jenis penelitian pengembangan yang dilaksanakan di kelas VII-I MTs Negeri 1 Lamongan yang bertempat di Jl. Raya Plaosan - Babat No.11, Plaosan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur Kode Pos 62271 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan tujuan memperoleh peserta didik dengan fixed mindset. Penelitian dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yakni fase investigasi awal, pembuatan prototipe, dan penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik catatan lapangan, teknik validasi dan kepraktisan serta teknik angket pola pikir peserta didik. Teknik analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan metode Aiken’s sedangkan analisis data keefektifan menggunakan persentase hasil angket pola pikir sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase investigasi awal telah dilakukan analisis masalah, kurikulum, karakteristik peserta didik dan materi ajar. Perangkat pembelajaran disusun pada fase pembuatan prototipe. Pada fase penilaian, perangkat pembelajaran dinilai dan divalidasi serta diujicobakan. Modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memiliki tingkat validitas “sangat tinggi” dengan nilai rata-rata kevalidan modul ajar sebesar 0,9 dan nilai rata-rata kevalidan LKPD sebesar 0,8. Modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) juga memiliki tingkat kepraktisan “sangat tinggi” dengan nilai rata-rata kepraktisan modul ajar sebesar 0,8 dan nilai rata-rata kepraktisan LKPD sebesar 0,8. Keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan angka keefektifan yakni sebesar 85,71%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Emalia, Elena Sandraelenasandra1509@gmail.com06020421038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pola Pikir; Fixed Mindset; Growth Mindset; Problem Based Learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Elena Sandra Emalia
Date Deposited: 23 Jan 2025 16:27
Last Modified: 23 Jan 2025 16:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76645

Actions (login required)

View Item View Item