Strategi promosi wisata religi Makam Sunan Giri melalui media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Sri Endah (2025) Strategi promosi wisata religi Makam Sunan Giri melalui media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Endah Wahyuni_07020221044 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sri Endah Wahyuni_07020221044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan budaya dan potensi pariwisata yang besar. Salah satu destinasi wisata religi penting adalah Makam Sunan Giri di Gresik yang memiliki nilai sejarah dan spiritual tinggi. Namun, promosi destinasi ini masih kurang maksimal, terutama karena minimnya penggunaan media sosial yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi dan tantangan promosi Makam Sunan Giri melalui media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengamatan dan wawancara di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan YouTube dapat meningkatkan popularitas Makam Sunan Giri. Partisipasi peziarah dalam membagikan pengalaman mereka berkontribusi pada promosi, tetapi ketergantungan pada mereka menimbulkan tantangan terkait kontrol konten dan citra destinasi. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan yang lebih baik melalui akun media sosial resmi untuk memastikan konsistensi dan kualitas informasi. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat lokal juga penting untuk memperluas jangkauan promosi, meningkatkan fasilitas, serta memperkuat dampak ekonomi dan pelestarian budaya. Dengan strategi yang tepat, promosi melalui media sosial dapat mendukung pengembangan Makam Sunan Giri sebagai destinasi wisata religi yang dikenal secara luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Sri Endahsriendahwhyn@gmail.com07020221044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Media Sosial
Pemasaran
Ziarah Kubur
Keywords: Wisata Religi; promosi; media sosial; pelestarian budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sri Endah Wahyuni
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:27
Last Modified: 24 Jan 2025 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76680

Actions (login required)

View Item View Item