Hubungan perceived challanges dengan flow akademik pada mahasiswa kedokteran di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Nabilah Rizki (2025) Hubungan perceived challanges dengan flow akademik pada mahasiswa kedokteran di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Rizki Amalia_11040120123 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nabilah Rizki Amalia_11040120123 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 February 2028.

Download (3MB)

Abstract

Fenomena menurunnya flow akademik pada mahasiswa kedokteran membuat mahasiswa cenderung sulit berkonsentrasi dan kurang bersemangat dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perceived challenges dengan flow akademik pada mahasiswa kedokteran perguruan tinggi di Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 319 responden mahasiswa prodi kedokteran. Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan adaah non problality sampling dengan jenis simple random sampling. Alat ukur yang digunakan yakni Flow Perceptions Quetionare (FPQ) untuk mengukur variable flow dan perceived challenges diukur dengan alat ukur yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek dari teori perceived challenges Moneta & Csikszenmihalyi (1996). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara perceived challanges dengan flow akademik. Artinya adanya perceived challanges yang tinggi akan mendorong untuk meningkatkan tantangan dalam pembelejaran dan fokus dalam mengerjakan aktivitasnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Nabilah Rizkinabilahrizkiamalia03@gmail.com11040120123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmasoobihah@gmail.com2012037402
Subjects: Motivasi Belajar
Minat Siswa
Psikologi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Perceived Challenges; Flow akademik; Mahasiswa Kedokteran
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nabilah Rizki Amalia
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:24
Last Modified: 04 Feb 2025 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76715

Actions (login required)

View Item View Item