Pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri Plandaan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutamimah, Nurul (2024) Pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri Plandaan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Mutamimah_D97217067 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Nurul Mutamimah_D97217067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya motivasi yang diberikan orang tua kepada peserta didik. Rata-rata pendidikan orang tua yang rendah sehingga kurang mampu membantu peserta didik untuk mengerjakan tugas atau memahami materi saat belajar. Orang tua peserta didik banyak yang terlalu menyerahkan pendidikan anaknya terhadap guru di sekolah atau belajar mandiri/les di rumah. Permasalahan tersebut berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar para peserta didik. Tujuan dari penelitian: 1) Untuk mengetahui dukungan orang tua peserta didik kelas VI di SD Negeri Plandaan Jombang. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri Plandaan Jombang. 3) Untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri Plandaan Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan dokumentasiSampel dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik di SD Negeri Plandaan Jombang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi liniear sederhana dengan menggunakan software SPSS ver. 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan pada hasil analisis pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi belajar. Hal ini dilihat berdasarkan dukungan instrumental, dukungan emosional, dukungan informasi, dan dukungan penilaian yang sudah didapatkan oleh para pesera didik dengan merata.Dari hasil pengujian koefisien determinasi diketahui bahwa nilai R-squared memiliki nilai sebesar 0.649 atau sebesar 64.9% yang artinya bahwa persentase sumbangan dari variabel independen dukungan orang tuaterhadap variabel dependen motivasi belajar sebesar 64,9%. Dapat dijelaskan bahwa dukungan orang tua sangat berpengaruh besar terhadap motivasi anak untuk belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutamimah, Nurulnurulbr13@gmail.comD97217067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Motivasi Belajar
Psikologi Belajar
Orang tua dan Anak
Keywords: Orang tua; motivasi belajar; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Mutamimah
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:57
Last Modified: 07 Feb 2025 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76804

Actions (login required)

View Item View Item