Penerapan aplikasi lynk.id dalam pembelajaran Matematika berbasis Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan literasi digital siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

al Firhani, Zahwa Syifa (2025) Penerapan aplikasi lynk.id dalam pembelajaran Matematika berbasis Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan literasi digital siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahwa Syifa Al Firhani_06020420047 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2028.

Download (16MB)
[img] Text
Zahwa Syifa Al Firhani_06020420047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di era digital menuntut integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi digital siswa yang esensial dalam menghadapi tantangan globalisasi. Rendahnya tingkat literasi digital di Indonesia, termasuk di SMP Negeri 1 Sidoarjo, menunjukkan perlunya inovasi pembelajaran berbasis teknologi, seperti penggunaan aplikasi Lynk.id, yang mendukung pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Lynk.id merupakan platform pengelola tautan yang dikembangkan oleh Agus Leo Halim yang berasal dari Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan integrasi berbagai tautan dalam satu platform, serta dapat digunakan sebagai platform e-learning yang adaptif dengan kebutuhan pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta respons siswa terhadap penerapan aplikasi Lynk.id dalam pembelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimental dengan desain Two Group Pre-test Post-test with Control Group Design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII-D sebagai kelompok eksperimen dan VII-C sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 1 Sidoarjo yang masing-masing terdiri atas 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes unjuk kerja, observasi, dan angket. Hasil pre-test dan post-test literasi digital siswa dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru dalam menerapkan aplikasi Lynk.id berada dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata 7,20. (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan aplikasi Lynk.id mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 7,20 dengan kategori sangat baik. (3) Respons siswa setelah diterapkannya aplikasi Lynk.id termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai sebesar 122,19. (4) Penerapan aplikasi Lynk.id pada pembelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka terbukti dapat meningkatkan literasi digital siswa lebih dari siswa yang tidak diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diuji menggunakan independent sample t test serta nilai cohen’s d sebesar 1,423 termasuk dalam kategori tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
al Firhani, Zahwa Syifazahwasyifa0802@gmail.com06020420047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Manajemen Kelas
Keywords: Pembelajaran Matematika; kurikulum merdeka; literasi digital
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zahwa Syifa Al Firhani
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:30
Last Modified: 07 Feb 2025 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76816

Actions (login required)

View Item View Item