This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
al Firhani, Zahwa Syifa (2025) Penerapan aplikasi lynk.id dalam pembelajaran Matematika berbasis Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan literasi digital siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Zahwa Syifa Al Firhani_06020420047 full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 February 2028. Download (16MB) |
![]() |
Text
Zahwa Syifa Al Firhani_06020420047.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan di era digital menuntut integrasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi digital siswa yang esensial dalam menghadapi tantangan globalisasi. Rendahnya tingkat literasi digital di Indonesia, termasuk di SMP Negeri 1 Sidoarjo, menunjukkan perlunya inovasi pembelajaran berbasis teknologi, seperti penggunaan aplikasi Lynk.id, yang mendukung pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Lynk.id merupakan platform pengelola tautan yang dikembangkan oleh Agus Leo Halim yang berasal dari Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan integrasi berbagai tautan dalam satu platform, serta dapat digunakan sebagai platform e-learning yang adaptif dengan kebutuhan pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta respons siswa terhadap penerapan aplikasi Lynk.id dalam pembelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimental dengan desain Two Group Pre-test Post-test with Control Group Design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII-D sebagai kelompok eksperimen dan VII-C sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 1 Sidoarjo yang masing-masing terdiri atas 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes unjuk kerja, observasi, dan angket. Hasil pre-test dan post-test literasi digital siswa dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru dalam menerapkan aplikasi Lynk.id berada dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata 7,20. (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan aplikasi Lynk.id mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 7,20 dengan kategori sangat baik. (3) Respons siswa setelah diterapkannya aplikasi Lynk.id termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai sebesar 122,19. (4) Penerapan aplikasi Lynk.id pada pembelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka terbukti dapat meningkatkan literasi digital siswa lebih dari siswa yang tidak diberi perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diuji menggunakan independent sample t test serta nilai cohen’s d sebesar 1,423 termasuk dalam kategori tinggi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Manajemen Kelas |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Matematika; kurikulum merdeka; literasi digital | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Zahwa Syifa Al Firhani | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2025 07:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Feb 2025 07:30 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76816 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |