Efektivitas model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs) terhadap hasil belajar pada materi teknologi ramah lingkungan siswa kelas IX MTS Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Chilmiyah, Fahira Aftannailah (2025) Efektivitas model pembelajaran search, solve, create, and share (sscs) terhadap hasil belajar pada materi teknologi ramah lingkungan siswa kelas IX MTS Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahira Aftannailah Al Chilmiyah_D0A219002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 February 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Fahira Aftannailah Al Chilmiyah_D0A219002 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IX di MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang, khususnya pada materi teknologi ramah lingkungan. Wawancara dengan guru menunjukkan bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) belum pernah diterapkan di sekolah tersebut, meskipun berbagai model inovatif seperti Problem-Based Learning (PBL), Project-Based Learning (PJBL), dan Contextual Teaching and Learning (CTL) telah digunakan. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create. and Share (SSCS) yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Search, Solve, Create. and Share (SSCS) terhadap hasil belajar pada materi teknologi ramah lingkungan siswa kelas IX di MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, dan observasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang pada materi teknologi ramah lingkungan. Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa, diperoleh nilai sebesar 91,96% yang tergolong dalam kategori sangat baik. Sementara itu, dari lembar observasi aktivitas guru, nilai yang diperoleh adalah 92,24% dengan kategori penilaian sangat baik. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen tercatat sebesar 88,56, lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 68,31. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga mendukung adanya perbedaan yang signifikan. Selain itu, hasil pengujian N-Gain pada kelas eksperimen mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) menghasilkan rata-rata nilai 0,801, yang termasuk dalam kategori tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Chilmiyah, Fahira Aftannailahfahiraaftannailah@gmail.comD0A219002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id--
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Efektivitas; Search, Solve, Create, and Share (SSCS); Hasil Belajar; Teknologi Ramah Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Fahira Aftannailah Al Chilmiyah
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:15
Last Modified: 04 Feb 2025 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76890

Actions (login required)

View Item View Item