Strategi pemasaran dalam peningkatan pembiayaan perspektif syariah marketing studi pada BMT Al-‘Izzah kantor pusat Ngoro Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosa, Amelia (2025) Strategi pemasaran dalam peningkatan pembiayaan perspektif syariah marketing studi pada BMT Al-‘Izzah kantor pusat Ngoro Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Rosa_08020421044 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Amelia Rosa_08020421044 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 April 2028.

Download (3MB)

Abstract

Indonesia didominasi oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, sehingga keberadaan lembaga keuangan sejenis BMT menjadi sangat relevan bagi kebutuhan mereka. Kondisi ini mendorong persaingan yang semakin ketat di antara lembaga keuangan syariah (LKS) lainnya. Untuk dapat bertahan dalam persaingan tersebut, setiap LKS harus memilki strategi yang tepat dan efektif, salah satunya adalah melalui penerapan strategi pemasaran syariah yang dinilai nasabah lebih unggul. Strategi pemasaran syariah adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh lembaga atau organisasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi lembaga tersebut tanpa melanggar prinsip-prinsip syariah. KSPPS BMT Al-‘Izzah Kantor Pusat Ngoro Mojokerto merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan pembiayaan di BMT Al-‘Izzah serta implementasi syariah marketing dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan pembiayaan di BMT Al-‘Izzah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan di BMT Al-‘Izzah adalah dengan menerapkan nilai-nilai yang ada pada karakteristik pemasar syariah yang terdiri dari teistis (rabbaniyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyah) dan humanistis (insaniyyah). Sehingga dari penerapan nilainilai tersebut berdampak pada peningkatan pembiayaan yang disalurkan di BMT AL- ‘Izzah. Namun, masih perlu pemaksimalan untuk kegiatan survey margin dan implementasi pada nilai realistis (al-waqi’iyah). Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada BMT Al-‘Izzah Kantor Pusat Ngoro Mojokerto agar meningkatkan strategi pemasaran dengan memperluas jaringan calon nasabah dan menguasai survey pasar agar tidak tertinggal dengan lembaga keuangan syariah lainnya maupun perbankan konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosa, Ameliaamlrsaaa12@gmail.com08020421044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahmasadah789@gmail.com2105127801
Subjects: Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: Strategi pemasaran; peningkatan pembiayaan; syariah marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amelia Rosa
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:09
Last Modified: 28 Apr 2025 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77108

Actions (login required)

View Item View Item