PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT MAPPING DI KELAS V MI DARUN NAJAH CERME GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naufal, Muhammad Firdanun (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT MAPPING DI KELAS V MI DARUN NAJAH CERME GRESIK. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT89 Muhammad Firdanun Naufal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik pada pelajara Al-Qur’an Hadits Materi isi kandungan surat Al-Adiyat. Guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu ceramah pada mata pelajaran tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi isi kandungan surat Al-Adiyat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits Materi Isi Kandungan Surat Al-Adiyat di Kelas V MI Darun Najah?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Isi Kandungan Surat Al-Adiyat melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping di Kelas V Darun Najah Gresik?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tahap refleksi di setiap siklus. Hal tersebutdibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh nilai 69,7 dengan kategori cukup, kemudian pada pada siklus II meningkat menjadi 85,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai aktifitas peserta didik pada siklus I yaitu 77,1 dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 97,9 dengan kategori sangat baik. (2) Peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits materi isi kandungan surat Al- Ma’un mendapatkan nilai rata-rata hasil tes pada siklus I 76,3, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86 dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapatkan 76,37%, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,94% dengan kategori sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naufal, Muhammad FirdanunUNSPECIFIED06050822183
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Pembelajaran kooperatif; concept mapping; pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:15
Last Modified: 01 Feb 2025 10:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77150

Actions (login required)

View Item View Item