Strategi guru PAI dalam menanggulangi kasus relasional bullying pada kalangan siswa di SMPN 2 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robbihi, Wildan Abdi (2024) Strategi guru PAI dalam menanggulangi kasus relasional bullying pada kalangan siswa di SMPN 2 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Abdi Robbihi_06020120052.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wildan Abdi Robbihi_06020120052_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2028.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang topik permasalahan mengenai bagaimana strategi guru PAI dalam menanggulangi kasus relasional bullying pada kalangan siswa di SMPN 2 Waru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus relasional bullying di kalangan siswa yang memiliki dampak terhadap psikologis siswa sehingga membutuhkan strategi khusus dalam menanggulanginya. Oleh karena itu perlunya meneliti dan menelaah permasalahan tersebut agar mengetahui apa saja bentuk-bentuk serta dampak yang dirasakan dari perlakuan relasional bullying, serta untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru PAI dalam menanggulangi kasus relasional bullying pada kalangan siswa di SMPN 2 Waru. Pendekatan dalam penelitian ini termasuk kualitatif, karena dilakukan dengan pendekatan terhadap fenomena yang terjadi dalam kehidupan nyata dengan didukung oleh pendapat atau pemikiran para ahli. Penelitian ini dikategorikan sebagai field research dengan melakukan pengamatan langsung terhadap objek penelitian dengan turun ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memberikan fakta bahwasanya pada SMPN 2 Waru terdapat kasus relasional bullying. Macam-macam bentuk relasional bullying yang terjadi diantaranya 1) mengolok-olok, 2) mencibir, 3) menggosipi, 4) memandang sinis, 5) memelototi, 6) mengucilkan, dan 7) mengasingkan. Hal tersebut dilatarbelakangi karena para pelaku kurang mendapatkan kasih sayang orang tua dan keluarga di rumah. Perlakuan relasional bullying terhadap siswa memberikan dampak psikologis seperti 1) kurangnya kepercayaan diri, 2) susah bergaul, 3) menutup diri, 4) minder, 5)takut untuk bersekolah. Guru PAI mempunyai strategi untuk menanggulanginya berupa memberikan ceramah dan edukasi, serta membuat sebuah komunitas siswa untuk meredam aksi bullying. Dengan demikian maka tindakan relasional bullying pada kalangan siswa dapat diatasi dengan strategi yang dilakukan oleh guru PAI SMPN 2 Waru

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robbihi, Wildan Abdiwildanabdirobbihi14@gmail.com06020120052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Akhlak
Komunikasi Islam
Pendidikan Islam
Keywords: Relasional bullying; guru PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wildan Robbihi
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:02
Last Modified: 06 Feb 2025 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77319

Actions (login required)

View Item View Item