This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dewanti, Risma (2023) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan UD. Borneo Kaliboto Kidul Lumajang perspektif bauran pemasaran syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Risma Dewanti_G94219180.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Risma Dewanti_G94219180_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 February 2028. Download (6MB) |
Abstract
Kaliboto Kidul Lumajang Perspektif Bauran Pemasaran Syariah”. UD. Borneo merupakan salah satu home industry yang bergerak dalam bidang industri yang mempunyai produk sendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran pada UD. Borneo yang telah diterapkan, serta untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang telah diterapkan sesuai dengan bauran pemasaran syariah. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Lumajang yang berlokasi di Dusun Petung, RT/RW 002/003, Desa Kaliboto Kidul, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan didapatkan dari hasil wawancara dengan wakil direktur, karyawan, dan konsumen. Data-data yang telah didapatkan kemudian diolah dengan menggunakan metode editing (pemeriksaan data), classifying (klasifikasi), verifying (verifikasi), concluding (kesimpulan). Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa strategi pemasaran yang digunakan UD. Borneo dalam aktivitas pemasaran telah melibatkan komponen-komponen pemasaran syariah. Penerapan bauran pemasaran syariah yang dilakukan oleh UD. Borneo terbilang sudah cukup baik. Produk yang dipasarkan jelas serta tidak merugikan orang lain, harga yang ditawarkan oleh UD. Borneo terjangkau, lokasi penjualan yang mudah ditemui seperti toko kelontong, swalayan, dan minimarket, didukung oleh tenaga manusia yang mumpuni, proses produksi yang baik, laporan transaksi dan keuangan yang baik, bertanggung jawab penuh pada kuantitas dan kualitas produk. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak home industry sandal UD. Borneo, agar pihak UD. Borneo lebih meningkatkan strategi pemasaran khusunya pada strategi pemasaran promosi, agar home industry sandal UD. Borneo tidak tertinggal terhadap arus pekembangan zaman dengan pemanfaatan promosi melalui media sosial
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Pemasaran Bisnis Wirausaha |
||||||||
Keywords: | Strategi pemasaran; bauran pemasaran; peningkatan pendapatan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Risma Dewanti | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 07:43 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:43 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |