Peran kecerdasan emosional dan spiritual dalam mencegah tindakan bulliying pada santriwati Marhalah Tsanawiyah Tarbiyatul Mu'allimien al-Islamiyah (TMI) al-Amien Prenduan Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Yusriyyatur (2024) Peran kecerdasan emosional dan spiritual dalam mencegah tindakan bulliying pada santriwati Marhalah Tsanawiyah Tarbiyatul Mu'allimien al-Islamiyah (TMI) al-Amien Prenduan Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusriyyatur Rohmah_07020621058 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2028.

Download (1MB)
[img] Text
Yusriyyatur Rohmah_07020621058.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bullying masih kerap menjadi isu signifikan yang perlu untuk diperhatikan di berbagai lingkungan khususnya di lingkungan pendidikan baik pendidikan umum maupun pendidikan khusus seperti pesantren. Penelitian ini mengeksplorasi peran kecerdasan emosional dan spiritual dalam menekan tindakan bullying yang berlaku di kalangan santriwati marhalah tsanawiyah di Tarbiyatul Mu’allimien al-Islamiyah (TMI) al-Amien Prenduan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1. Apa pengertian dari kecerdasan emosional dan spiritual?, 2. Apa saja faktor yang berpengaruh dalam membentuk kecerdasan emosional dan spiritual pada santriwati?, 3. Bagaimana peran kecerdasan emosional dan spiritual dalam menekan tindakan bullying pada santriwati Marhalah Tsanawiyah di Tarbiyatul Mu’allimien al-Islamiyah (TMI) Al-Amien Prenduan?. Dengan menggunakan studi kualitatif fenomenologi, dan teknik pengumpulan datanya terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menggali pengalaman-pengalaman santriwati dan para guru-guru dalam mengungkapkan peran kecerdasan emosional dan spiritual dalam membentuk sikap dan perilaku di lingkungan pesantren. Sebanyak 10 orang santriwati berpastisipasi sebagai responden guna menjadi data primer dalam penelitian ini, sedangkan data sekundernya berasal dari dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam mengatur emosinya dan suasana hatinya. Sedangkan kecerdasan spiritual adalah kecerdasan jiwa, disebut juga kemampuan seseorang dalam menemukan makna dari pengalaman hidup yang telah dihadapi, 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya dua kecerdasan tersebut pada diri santriwati antara lain adalah keluarga dan pola asuhnya, pendidikan di pesantren, interaksi dengan temannya, dan guru-guru yang ada di TMI al-Amien Prenduan, 3. Kecerdasan emosional, seperti empati, kesadaran diri dan pengendalian emosi, memiliki peranan penting dalam mengurangi tindakan bullying. Begitu juga dengan kecerdasan spiritual yang berupa kesabaran, keikhlasan, ketaatan pada Allah SWT, hal-hal tersebut mampu membuat santriwati menghindari konflik dan meningkatkan rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap temannya. Penelitian ini menyimpulkan signifikansi kecerdasan emosional dan spiritual dalam menciptakan keharmonisan dalam lingkungan pesantren dan mencegah atau menekan terjadinya tindakan bullying di TMI al-Amien Prenduan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Yusriyyaturyusriyyanhfi@gmail.com07020621058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohsyaifulloh2015.uinsa@gmail.com20207906
Subjects: Kecerdasan
Masalah sosial
Pesantren
Keywords: Kecerdasan emosional; kecerdasan spiritual; bullying; pesantren
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Yusriyyatur Rohmah
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:45
Last Modified: 12 Feb 2025 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77546

Actions (login required)

View Item View Item