Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model project Based Learning dengan diferensiasi produk untuk melatih kemampuan kolaborasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Fariza Nur (2025) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model project Based Learning dengan diferensiasi produk untuk melatih kemampuan kolaborasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fariza Nur Fitria_06010420007 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2028.

Download (5MB)
[img] Text
Fariza Nur Fitria_06010420007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangkan perangkat ajar matematika yang mengacu pada model Project Based Learning dengan diferensiasi produk agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan kolaborasi. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai pedoman pengembangannya yang terdiri dari: tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap penerapan (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penerapan uji coba lapangan dilakukan terhadap 15 peserta didik dari kelas X-A di MAN 1 Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, teknik catatan lapangan, teknik validasi ahli, teknik angket, dan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif, meliputi: menentukan rata-rata total kevalidan dari data hasil validasi ahli, menentukan rata-rata persentase respons dari data hasil angket respons, dan menentukan rata-rata total nilai dari data hasil observasi kemampuan kolaborasi. Hasil yang diperoleh dari dilaksanakannya penelitian ini antara lain: (1) Proses pengembangan melalui beberapa tahap dimulai dari tahap analisis yang memperoleh hasil bahwa MAN 1 Nganjuk menerapkan kurikulum merdeka, pembelajaran cenderung menerapkan model konvensional dan sarana yang kurang variatif, keterlibatan dan kebutuhan peserta didik kurang diperhatikan sementara dari hasil asesmen diagnostik memperoleh data berbagai minat peserta didik yang dapat dipenuhi dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif dan tidak terbiasa bekerja kelompok, serta materi ajar yang digunakan yakni sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Tahap perancangan diperoleh rancangan konseptual yang direalisasikan pada tahap pengembangan sehingga diperoleh hasil final berupa modul ajar, LKPD, dan lembar instrumen penelitian yang dinyatakan layak oleh para ahli untuk diuji coba pada tahap penerapan sehingga diperoleh data hasil kemampuan kolaborasi dan data hasil respons peserta didik. Tahap yang terakhir yakni tahap evaluasi diperoleh hasil analisis data untuk menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan kolaborasi; (2) Perangkat pembelajaran telah teruji valid dan memperoleh rata-rata total kevalidan sebesar 3,58 untuk modul ajar serta rata-rata total kevalidan sebesar 3,70 untuk LKPD; (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dan memperoleh rata-rata persentase respons positif guru sebesar 100% dan rata-rata persentase respons positif peserta didik sebesar 93,7% yang keduanya lebih besar daripada rata-rata persentase respons negatif masing-masing; (4) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dan memperoleh rata-rata total nilai kemampuan kolaborasi peserta didik sebesar 87,56 dengan rincian 4 peserta didik tergolong dalam kriteria tinggi, 10 peserta didik tergolong dalam kriteria sedang, dan 1 peserta didik tergolong dalam kriteria rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Fariza Nurfarizaa.x@gmail.com06010420007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Model project Based Learning; berdiferensiasi produk; kemampuan kolaborasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fariza Nur Fitria
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:00
Last Modified: 11 Feb 2025 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77605

Actions (login required)

View Item View Item