Pengaruh karakteristik santri, kualitas pengajaran dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar santri di Pondok Pesantren Dar Al-Tauhid, kecamatan Arjawinangun kabupaten Cirebon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajar, Lum'atul (2025) Pengaruh karakteristik santri, kualitas pengajaran dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar santri di Pondok Pesantren Dar Al-Tauhid, kecamatan Arjawinangun kabupaten Cirebon. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lum'atul Hajar_06030321058.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Lum'atul Hajar_06030321058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh karakteristik santri, kualitas pengajaran, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden yakni Santri Pondok Pesantren Dar Al-Tauhid Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket didukung dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar santri. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel independen, yaitu karakteristik santri, kualitas pengajaran, dan lingkungan belajar, berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar santri. Secara parsial, karakteristik santri memberikan kontribusi terbesar yakni 28,5% dalam menjelaskan variasi terhadap hasil belajar santri dengan nilai uji R² 0,285 dan nilai uji uji thitung > ttabel (6,415 > 1,984)serta tingkat signifikasi 0,001 maka H0 ditolak dan H1 diterima. sementara kualitas pengajaran memberikan kontribusi sebesar 5,7% terhadap Hasil belajar santri dengan nilai uji R² 0,057 dan nilai uji uji thitung > ttabel (2,486 <1,984) serta tingkat signifikasi 0,015 maka H0 ditolak dan H1 diterima. kemudian lingkungan belajar berkontribusi sebesar 18,6% terhadap hasil belajar santri dengan nilai uji R² 0,186 dan nilai uji thitung > ttabel (4,855 > 1,984), serta tingkat signifikasi 0,001 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Secara simultan, ketiga variabel tersebut menjelaskan 35,4% variasi dalam hasil belajar santri dengan nilai uji R² 0,354 dan nilai uji Fhitung > Ftabel (18,417 > 2,70) serta tingkat signifikasi 0,001 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajar, Lum'atullumatulhajar11@gmail.com06030321058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Santri
Keywords: Karakteristik wantri; kualitas pengajaran; lingkungan belajar; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lum'atul Hajar
Date Deposited: 03 Mar 2025 04:32
Last Modified: 03 Mar 2025 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78367

Actions (login required)

View Item View Item