This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Adam, Jauhar Isbamami (2025) Efektivitas model CBL (challenge based learning) dengan strategi scaffolding learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi unsur, senyawa dan campuran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Jauhar Isbamami Adam_06011021007.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Jauhar Isbamami Adam_06011021007_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 March 2028. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas VIII di SMPN 1 Porong. Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik disebabkan oleh guru yang masih belum banyak melatihkan peserta didik untuk berpikir kritis. Sehingga faktor tersebut menjadi salah satu dari banyaknya faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penerapan model CBL (Challenge Based Learning) dengan strategi scaffolding learning untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui hasil penerapan model CBL (Challenge Based Learning) dengan strategi scaffolding learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest design, yang mana kelas eksperimen diberikan pretest sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan diberikan posttest untuk mengukur perubahan yang terjadi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji paired t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model CBL (Challenge Based Learning) dengan strategi scaffolding learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan hasil skor rata-rata 3,90 dengan kriteria sangat baik dan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dengan menerapkan model CBL (Challenge Based Learning) dengan strategi scaffolding learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik dengan hasil skor rata-rata 3,74 dengan kriteria sangat baik. Selain itu juga berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap model CBL (Challenge Based Learning) dengan strategi scaffolding learning sebanyak 76,6% peserta didik memberikan respon sangat positif dan 23,4% peserta didik memberikan respon positif. Hasil analisis uji paired t-test memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 53,10 dan nilai rata-rata posttest sebesar 81,77. Adapun hasil nilai signifikansi (p-value) pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian hasil perolehan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,61 dengan kriteria sedang. Dari perolehan tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah menerapkan model CBL (Challenge Based Learning) dengan strategi scaffolding learning.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Model CBL dengan strategi scaffolding learning; berpikir kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Jauhar Adam | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:29 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |