Strategi kampanye via sosial media DPD Golkar Jawa Timur pada pemilu 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Diajeng Puspa (2024) Strategi kampanye via sosial media DPD Golkar Jawa Timur pada pemilu 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diajeng Puspa Anggraeni_10040121076 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Diajeng Puspa Anggraeni_10040121076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul “Strategi Kampanye Via Media Sosial DPD Partai Golkar Jawa Timur pada Pemilu 2024” bertujuan menganalisis strategi kampanye via social media dan efektivitasnya dalam mendukung keberhasilan pemilu. Topik ini relevan karena meningkatnya peran media sosial dalam komunikasi politik modern, di mana partai politik memanfaatkan platform digital untuk menjangkau pemilih secara lebih luas dan efisien. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam, analisis konten media sosial resmi, observasi nonpartisipatif, dan dokumentasi. Fokus penelitian meliputi strategi kampanye DPD Golkar Jawa Timur dan efektivitasnya dalam Pemilu DPRD 2024. Hasilnya menunjukkan DPD Golkar Jatim menggunakan berbagai platform seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan YouTube. Untuk strategi yang digunakan mencakup produksi konten kreatif seperti video pendek, infografis, dan narasi personalisasi kandidat untuk menarik pemilih muda. Penggunaan iklan berbayar dan kolaborasi dengan influencer lokal juga meningkatkan jangkauan kampanye. Dari segi efektivitas, kampanye via sosial media ini cukup efektiv dan berhasil meningkatkan interaksi online (like, komentar, share), jumlah pengikut media sosial, dan jumlah kursi DPRD provinsi Jawa Timur dari 13 menjadi 15. Selain itu, strategi kampanye via social media juga berhasil memperluas jangkauan pesan politik kepada pemilih muda dan milenial yang aktif di media sosial. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis data dan konten kreatif dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan audiens secara signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial merupakan alat strategis dalam membangun kesadaran politik. Keberhasilan kampanye via social media melengkapi strategi kampanye secara manual atau offline. Studi ini memberikan kontribusi akademis dan panduan praktis bagi partai politik dalam memaksimalkan media sosial

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Diajeng Puspadhiajenganggraeni@gmail.com10040121076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1011@gmail.com2010117401
Subjects: Media Sosial
Politik
Keywords: Strategi kampanye; Partai Politik; Pemilu Legislatif
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: diajeng pusoa anggraeni
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:49
Last Modified: 04 Mar 2025 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78395

Actions (login required)

View Item View Item