This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zulfah, Silvie Afifatuz (2023) Program pengembangan nilai agama dan moral berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah di TK Khadijah Wonorejo Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Silvie Afifatuz Zulfah_02040821028.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Silvie Afifatuz Zulfah_02040821028_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 March 2028. Download (2MB) |
Abstract
Masa usia dini merupakan masa emasnya seorang anak yang mana dapat menentukan dan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dimasa depan. TK Khadijah Wonorejo Surabaya merupakan sekolah yang menanamkan nilai agama dan moral dengan memiliki ciri khas dan kearifan lokal Ahlussunnah Wal Jama’ah. Tujuan fokus penelitian yakni untuk merangcang pola desain dan implementasi pengembangan nilai agama dan moral berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah di TK Khadijah Wonorejo Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus untuk memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakter-karakter yang khas dari kasus. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, desain pengembangan nilai agama dan moral berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah di TK Khadijah Wonorejo Surabaya terdapat pengembangan nilai agama dan moral melingkupi akidah, akhlak, ibadah, do’a sehari-hari, hafalan surah pendek. Muatan lokalnya berciri khas ke-Aswajaan, istighosah, tahlil, wirid, dziba’an, sholawat dan do’a sholat. Kedua, implementasi pengembangan nilai agama dan moral berbasis Ahlussunnah Wal Jama’ah di TK Khadijah Wonorejo Surabaya mengambarkan proses pembelajaran sudah terstruktur dan terencana yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan. Perencanaan dibuat oleh tim bidang pendidikan dari yayasan, tim guru sentra imtaq, dan koordinator kurikulum. Perencanaan disusun menjadi RPPM dan RPPH yang terbagi dari aspek-aspek dan dikembangkan menjadi indikator-indikator yang lebih terperinci, yakni beriman kepada Allah SWT, meneladani Nabi Muhammad SAW dari segi aqidah, akhlak, ibadah, sikap berbakti, berbuat baik, empati, bersikap jujur, penolong, sopan, menghormati, sportif dan didukung dengan muatan lokal ciri khas Nahdlatul Ulama.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Ahlusunnah Waljama'ah Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Orang tua dan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan nilai agama dan moral; Ahlussunnah Wal Jama’ah; anak usia dini | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Silvie Afifatuz Zulfah | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2025 07:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2025 07:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78408 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |