This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dona, Aulia Roma (2024) Penerapan etika bisnis Islam terhadap kemajuan bisnis produk fashion muslimah pada Toko Karita Gaya Muslim Muda Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Aulia Roma Dona_08040421125.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Aulia Roma Dona_08040421125_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 March 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis Islam di Toko Karita Gaya Muslim Muda Surabaya serta dampaknya pada kemajuan bisnis fashion muslimah. Fokusnya adalah integrasi prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan dalam operasi bisnis untuk memahami pengaruhnya terhadap keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis. Studi ini menilai aspek pemasaran, manajemen sumber daya manusia, hukum, sosial, dan finansial sebagai indikator kemajuan bisnis berbasis syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari manajer, karyawan, dan konsumen Toko Karita, sedangkan data sekunder berasal dari literatur terkait etika bisnis Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karita telah berhasil menerapkan lima aksioma etika bisnis Islam. Prinsip tauhid melalui penyediaan fasilitas ibadah dan kebijakan yang mendukung spiritualis. Keseimbangan diwujudkan melalui penetapan harga yang adil. Kehendak bebas memungkinkan fleksibilitas karyawan dalam prosedur kerja, sedangkan prinsip tanggung jawab dan kebajikan diterapkan melalui pelayanan ramah, informatif, dan fokus pada kepuasan pelanggan. Penerapan etika bisnis Islam berdampak positif terhadap berbagai aspek bisnis, terlihat pada peningkatan loyalitas pelanggan, reputasi bisnis, kepercayaan konsumen, motivasi karyawan, praktik etis juga mendukung kualitas produk, kepatuhan terhadap hukum, progam CSR mendukung hubungan dengan masyarakat meskipun masih terbatas pada momen tertentu seperti bulan Ramadhan. Dari aspek finansial, meskipun terdapat fluktuasi volume penjualan dan kurang transparansi dalam pelaporan modal dan pendapatan, penerapan etika bisnis Islam tetap menjadi pondasi penting bagi keberlanjutan bisnis dalam menghadapi persaingan pasar. Disarankan agar Toko Karita memperkuat implementasi etika bisnis Islam dengan meningkatkan pelatihan karyawan terkait etika bisnis, memperluas program tanggung jawab sosial, dan mengadopsi sistem transparansi harga yang lebih baik. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keberlanjutan bisnis dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Islam Bisnis Etika |
||||||||
Keywords: | Etika bisnis Islam; kemajuan bisnis; fashion muslimah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Aulia Roma Dona | ||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:19 | ||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2025 03:19 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |