Implementasi nilai ahlus sunnah wal jama'ah dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Mila Royanul (2025) Implementasi nilai ahlus sunnah wal jama'ah dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mila Royanul Fitria_06040921072.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mila Royanul Fitria_06040921072_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2028.

Download (4MB)

Abstract

Prinsip-prinsip aswaja tidak hanya mengajarkan peserta didik menjadi individu yang cerdas, tetapi juga dapat membangun kepribadian peserta didik agar memiliki moralitas. Peserta didik membutuhkan pendidikan keaswajaan yang sudah termasuk pendidikan karakter untuk mewujudkan potensi anak dan membangun karakter bangsa yang sesuai dengan Pancasila. TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo merupakan Lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi Nilai Aswaja, sehingga dapat membangun karakter anak dengan baik. Tujuan hasil penelitian yang pertama, untuk mengetahui proses implementasi nilai aswaja dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat. Kedua, untuk mengetahui strategi implementasi nilai aswaja dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Ketiga, untuk mengetahui nilai karakter yang terbentuk melalui penerapan nilai aswaja di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Terakhir, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai aswaja dalam pendidikan karakter anak di TKM NU 212 Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang akan digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai Aswaja dalam pendidikan karakter anak di TK Muslimat NU 212 Roudlotul Banat telah diterapkan dengan baik melalui kurikulum, strategi pembelajaran, dan media yang mendukung. Nilai-nilai Aswaja seperti Tawasuth, Tawazun, Tasamuh, dan I’tidal ditanamkan dalam kegiatan sehari-hari untuk membentuk sikap religius, tanggung jawab, kerja keras, dan toleransi sejak dini.Faktor pendukung penerapan nilai Aswaja meliputi kesiapan anak, peran aktif guru dan orang tua, serta lingkungan yang mendukung. Namun, hambatan seperti perbedaan latar belakang anak membuat penerapan nilai Aswaja lebih terbatas di sekolah. Dengan pendekatan yang tepat, pendidikan karakter berbasis Aswaja dapat membentuk pribadi berakhlak mulia sesuai ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Mila Royanulhyroya07@gmail.com06040921072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Akhlak
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai aswaja; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: S.Pd Mila Royanul Fitria
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:44
Last Modified: 18 Mar 2025 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78820

Actions (login required)

View Item View Item