Analisis perkembangan fisik motorik dalam konten youtube pengenalan anggota tubuh bagi anak usia dini dan relevansinya dengan teori Esther Thelen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Fatimah Qurroh (2025) Analisis perkembangan fisik motorik dalam konten youtube pengenalan anggota tubuh bagi anak usia dini dan relevansinya dengan teori Esther Thelen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah Qurroh Aini_06010921006.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fatimah Qurroh Aini_06010921006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan gadget oleh anak usia dini sebagai media hiburan maupun media pembelajaran berbasis digital. Platform yang banyak ditonton dan digemari oleh anak usia dini ialah platform youtube. Youtube menghadirkan banyak konten edukasi, salah satu temanya yakni pengenalan anggota tubuh bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi isi konten youtube pengenalan anggota tubuh bagi anak usia dini, mengetahui relevansi isi konten youtube pengenalan anggota tubuh bagi anak usia dini dengan teori Esther Thelen, serta mengetahui implikasi penelitian terhadap Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan dokumentasi pada konten-konten youtube pengenalan anggota tubuh bagi anak usia dini. Kemudian data yang telah terkumpul akan dilakukan proses analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, konten youtube pengenalan anggota tubuh bagi anak usia dini berisi tentang pengenalan nama-nama anggota tubuh disertai letak, fungsi, dan cara geraknya yang disajikan dengan model bervariasi, baik secara visual maupun gaya penyampaian dalam pengenalan anggota tubuh. Kedua, konten youtube pengenalan anggota tubuh dinilai relevan dengan Teori Sistem Dinamis Esther Thelen yakni konten youtube menjadi faktor eksternal untuk mendukung stimulasi perkembangan motorik anak disamping faktor internal (kematangan biologis). Ketiga, pengenalan anggota tubuh mengandung nilai-nilai ajaran Islam bagi Pendidikan Islam Anak Usia dini, diantaranya; sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, mengenal identitas diri sebagai makhluk Allah SWT, sarana menjaga diri, dan mencegah diri dari tindak kekerasan seksual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Fatimah Qurrohainifatimah7@gmail.com06010921006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Media Sosial
Pendidikan > Pendidikan Anak
Orang tua dan Anak
Keywords: Perkembangan fisik motorik; konten youtube; pengenalan anggota; teori Esther Thelen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fatimah Qurroh Aini
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:29
Last Modified: 18 Mar 2025 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78821

Actions (login required)

View Item View Item