Efektivitas model learning cycle 9E berbantuan LKPD metakognitif terhadap kemampuan metakognitif peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Silvi Nur Laila (2025) Efektivitas model learning cycle 9E berbantuan LKPD metakognitif terhadap kemampuan metakognitif peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Nur Laila Sari_06011021016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2028.

Download (20MB)
[img] Text
Silvi Nur Laila Sari_06011021016.pdf

Download (20MB)

Abstract

Kemampuan metakognitif dalam peningkatan rasa tanggung jawab dan percaya diri peserta didik atas kemampuan yang dimiliki. Namun, kenyataannya kemampuan metakognitif tergolong rendah sehingga berdampak pada rasa kurang percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki, salah satunya peserta didik di MTsN Gresik. Rendahnya kemampuan metakognitif tersebut disebabkan oleh penerapan strategi pembelajaran kurang bervariasi untuk melatihkan kemampuan metakognitif. Oleh karena itu, peneliti berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model Learning Cycle 9E berbantuan LKPD metakognitif. Jenis penelitian Quasi Experimental ditujukan untuk mengetahui efektivitas model Learning Cycle 9E berbantuan LKPD metakognitif terhadap kemampuan metakognitif peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Desain penelitian menggunakan Pretest-posttest Control Group Design, melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan metakognitif, angket respon, serta observasi aktivitas guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif statistik, uji Mann Whitney, dan uji N-Gain pada hasil tes kemampuan metakognitif peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan uji statistik deskriptif memiliki nilai rata-rata tes akhir kemampuan metakognitif kelas eksperimen senilai 42,96, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol senilai 30,03. Data hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi senilai 0,001 dan 0,000 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan metakognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil uji N-Gain menunjukkan skor N-Gain kelas eksperimen senilai 0,3387 berkategori sedang dan kelas kontrol senilai 0,1383 berkategori rendah. Data persentase setiap indikator kemampuan metakognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Data hasil angket respon peserta didik menunjukkan senilai 85,64% berkategori sangat positif. Data hasil observasi aktivitas guru senilai 92,2% berkategori sangat baik dan aktivitas peserta didik senilai 94,1% berkategori sangat baik. Mengacu pada data hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa model Learning Cycle 9E berbantuan LKPD metakognitif efektif dapat meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Silvi Nur Laila06011021016@student.uinsby.ac.id06011021016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsa.ac.id0705128601
Thesis advisorArum, Wahyuni Fajarwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id0518039002
Subjects: Biologi
Metode Pembelajaran
Keywords: Model learning cycle 9E; LKPD metakognitif; kemampuan metakognitif; siswa; materi IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Silvi Sari
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:16
Last Modified: 18 Mar 2025 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78886

Actions (login required)

View Item View Item