This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dewi, Febianita Eka (2025) Analisis pelaksanaan manajemen program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Febianita Eka Dewi_06010321008 full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 March 2028. Download (5MB) |
![]() |
Text
Febianita Eka Dewi_06010321008.pdf Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul tentang analisis pelaksanaan manajemen program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah menengah pertama negeri 6 Sidoarjo yang dilatar belakangi oleh konteks pendidikan inklusi yang menjadi fokus penting dalam memastikan setiap anak mendapatkan pendidikan yang setara, meskipun program ini telah lama dilaksanakan serentak untuk seluruh sekolah umum di Indonesia namun belum seluruhnya memiliki manajemen program pendidikan inklusi yang efektif dan efisien, sehingga timbul masalah yakni tidak optimalnya penyelenggaraan program pendidikan inklusi di beberapa sekolah umum yang berdampak pada tidak meningkatnya kualitas pendidikan pada anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai pelaksanaan manajemen program pendidikan inklusi di SMPN 6 Sidoarjo, cara meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 6 Sidoarjo, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan manajemen program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 6 Sidoarjo, dan dampak pelaksanaan manajemen program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 6 Sidoarjo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa SMPN 6 Sidoarjo sudah menjalankan manajemen program pendidikan inklusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui aspek manajemen dimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan tahap evaluasi. SMPN 6 Sidoarjo juga telah melakukan upaya berkelanjutan untuk memperbaiki aspek dalam sistem pendidikan mulai dari pengembangan kurikulum yang relevan, penguatan profesionalisme guru, pembinaan karakter siswa, hingga menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung semua kebutuhan siswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen program pendidikan inklusi di SMPN 6 Sidoarjo baik dari lingkup internal sekolah maupun eksternal sekolah. Pelaksanaan manajemen program pendidikan inklusi telah berdampak signifikan pada bertambah luasnya akses pendidikan sehingga berdampak pula pada pengembangan keterampilan sosial siswa inklusi, dampak lain yang dirasakan adalah semakin banyaknya inovasi pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kurikulum Manajemen Pendidikan Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Manajemen; pendidikan inklusi; SMP Negeri | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Febianita Eka Dewi | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 02:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2025 02:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |