Pengembangan bahan ajar berbasis QR code untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurrahma, Faizah (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis QR code untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizah Nurrahma_06040121103.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Faizah Nurrahma_06040121103_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2028.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis QR Code pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya, mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya, dan mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis QR Code untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis QR Code dilakukan melalui lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengembangan bahan ajar tersebut layak digunakan sebagai bahan ajar di kelas X pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya. Minat belajar siswa di kelas eksperimen mencapai 87,26% dengan kategori sangat baik sedangkan kelas kontrol mencapai 81% dengan kategoru sangat baik. Jadi, persentase minat belajar di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Pengembangan bahan ajar berbasis QR Code untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 15 Surabaya dapat dilihat dari hasil analisis uji-t sampel tidak berpasangan melalui aplikasi SPSS versi 26 dengan hasil taraf signifikansi 0,05 didapatkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000<0,05). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, artinya pengembangan bahan ajar berbasis QR Code dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMAN 15 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurrahma, Faizahnurrahmafaizah080@gmail.com06040121103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsa.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknosutikno@uinsa.ac.id2006086803
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Keywords: Pengembangan bahan ajar; QR code; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizah Nurrahma
Date Deposited: 18 Mar 2025 04:41
Last Modified: 18 Mar 2025 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78918

Actions (login required)

View Item View Item