تطبيق استخدام وسيلة تعليم اللغة العربية Smart Apps Creator على طريقة القصص في تعليم مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arkhandi, Muslimah Saesarria (2025) تطبيق استخدام وسيلة تعليم اللغة العربية Smart Apps Creator على طريقة القصص في تعليم مهارتي الاستماع والكلام لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٣ سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muslimah Saesarria Arkhandi_06020221049 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Muslimah Saesarria Arkhandi_06020221049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan penggunaan media pembelajaran bahasa Arab Smart Apps Creator dalam metode bercerita pada siswa kelas VIII di MTsN 3 Surabaya. 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan media pembelajaran bahasa Arab Smart Apps Creator pada metode bercerita dalam pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara pada siswa kelas VIII di MTsN 3 Surabaya. Metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Smart Apps Creator dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode cerita sudah efektif dan menarik perhatian siswa. Persepsi siswa terhadap metode pengajaran ini sangat positif, karena mereka merasa lebih termotivasi, lebih mudah memahami materi, dan mengembangkan keterampilan mendengar dan berbicara mereka. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi beberapa keuntungan, seperti presentasi interaktif, fleksibilitas dalam pembelajaran, dan peningkatan keterlibatan siswa. Namun, ada beberapa kekurangan, seperti keterbatasan akses perangkat dan perlunya pelatihan tambahan bagi guru agar dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa Smart Apps Creator berbasis cerita dapat menjadi alat pengajaran yang inovatif dalam pengajaran bahasa Arab, terutama dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arkhandi, Muslimah Saesarriamuslimahsae76@gmail.com06020221049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii2121@gmail.com2018107002
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Media Smart Apps Creator; metode Storytelling; pembelajaran Bahasa Arab; ketrampilan menyimak dan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muslimah Saesarria Arkhandi
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:47
Last Modified: 19 Mar 2025 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78933

Actions (login required)

View Item View Item