Strategi pengembangan sekolah melalui program kerja sama internasional dalam meningkatkan citra sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nissa, Kharisma Alfun (2025) Strategi pengembangan sekolah melalui program kerja sama internasional dalam meningkatkan citra sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kharisma Alfun Nissa_06010321010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Kharisma Alfun Nissa_06010321010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pengembangan sekolah melalui program kerja sama internasional dalam meningkatkan citra sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Sedati Sidoarjo. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan program kerja sama internasional sebagai strategi pengembangan sekolah, bagaimana meningkatkan citra sekolah melalui pelaksanaan program kerja sama internasional, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan citra sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Program kerja sama internasional sebagai strategi pengembangan sekolah menjadikan sekolah memperluas relasi, meningkatkan pengalaman belajar, dan memperluas pengetahuan peserta didik melalui praktik langsung seperti outing class, presentasi ilmiah berbasis pelajaran sains pada kelas enam, dan pengecekan seragam dalam membentuk sikap disiplin. Memanfaatkan teknologi melalui game virtual, kuis interaktif dan pengarahan kepala sekolah kepada pendidik untuk meningkatkan inovasi pembelajaran. (2) Meningkatkan citra sekolah melalui program kerja sama internasional di SD Muhammadiyah 1 Sedati Sidoarjo belum sepenuhnya terbentuk dan memberikan dampak terhadap sekolah. Namun, sekolah telah mampu meningkatkan citranya sebagai sekolah saintis melalui adopsi dari program sekolah mitra dan memberikan manfaat dalam memperluas pengalaman belajar peserta didik. (3) Faktor pendukung program ini dalam meningkatkan citra sekolah yaitu komitmen kepala sekolah dan para wakilnya dalam pengembangan program, dukungan stakeholder dari Forum Silaturahmi dan Komunikasi SD/MI Muhammadiyah Sidoarjo dalam menyediakan koneksi dengan mitra internasional, keterlibatan peserta didik dan wali murid dalam mendukung keberlangsungannya. Sedangkan faktor penghambat kurangnya promosi dan publikasi, kurangnya komunikasi dan informasi, keterhubungan awal dalam proses perizinan yang sulit, kurangnya peminat, dan kesiapan finansial wali murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nissa, Kharisma Alfunrismanissa46@gmail.com06010321010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Kerjasama Internasional
Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi pengembangan sekolah; program kerja sama internasional; meningkatkan citra sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kharisma Alfun Nissa
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:13
Last Modified: 19 Mar 2025 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78936

Actions (login required)

View Item View Item