This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoiroh, Aifi Umdatul (2025) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter disiplin ibadah shalat fardhu siswa kelas V SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Aifi Umdatul Khoiroh_06020721030 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Aifi Umdatul Khoiroh_06020721030 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 March 2028. Download (4MB) |
Abstract
Orang tua memiliki peran yang sangat penting sebagai madrasah pertama dan pendidik utama dalam membentuk karakter anak sejak dini. Salah satu nilai dalam pendidikan karakter tersebut adalah penanaman nilai-nilai kedisiplinan, termasuk disiplin dalam menjalankan ibadah, khususnya shalat fardhu. Pola asuh yang diberikan orang tua dalam setiap keluarga tentunya berbeda-beda, karena setiap keluarga memiliki cara pandang tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh perbedaan pola asuh orang tua terhadap pemberntukan karakter disiplin ibadah shalat fardhu anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup yang disebarkan kepada siswa dan orang tua siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 27.0. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter disiplin ibadah shalat fardhu siswa kelas V SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Persentase pengaruh tertinggi yaitu pola asuh demokratis sebesar 52%, disusul dengan pola asuh permisif sebesar 12% dan pola asuh otoriter sebesar 3,2%. Presentase pegaruh pola asuhorang tua secara simultan mencapai 68%. Model persamaan regresi untuk memperkirakan pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan ibadah shalat adalah Y = 39,928 - 0,057X₁ - 0,633X₂ + 0,189X₃. Uji hipotesis diperoleh berdasarkan hasil uji T dan uji F. Uji T secara parsial, pola asuh otoriter mendapat nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05. Pola asuh permisif memiliki nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 dan pola asuh demokratis memperoleh nilai signifikansi yang cukup tinggi diantara dua pola asuh lainnya yakni 0,010 < 0,05. Dari hasil uji F secara simultan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0.05 dan nilai F diperoleh 12,075 > 2,77. Maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima hipotesis tersebut bermakna pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter disiplin ibadah shalat fardhu siswa dan yang memiliki pengaruh lebih besar adalah pola asuh demokratis. Hasil ini menegaskan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling efektif dalam membentuk karakter disiplin ibadah anak, sementara pola asuh permisif dan otoriter cenderung memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi perkembangan karakter anak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Salat > Salat, Waktu Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan Orang tua dan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua; Karakter Disiplin; Kedisiplinan Ibadah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Aifi Khoiroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 04:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2025 04:20 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |