Analisis penerapan etika bisnis Islam perspektif Yusuf al-Qaradhawi terhadap strategi pemasaran MWC NU Mart Dlanggu Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Maulana Nizar Alfauzi (2023) Analisis penerapan etika bisnis Islam perspektif Yusuf al-Qaradhawi terhadap strategi pemasaran MWC NU Mart Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulana Nizar Alfauzi Nugroho_G04217035 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Maulana Nizar Alfauzi Nugroho_G04217035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aktivitas bisnis dan aktivitas pemasaran benar-benar tak terpisahkan. Pada bisnis yang mengusung konsep Syariah memiliki ketentuan untuk tunduk pada aturan Islam disegala lini bisnisnya, termasuk dalam hal pemasaran. Etika bisnis Islam menjadi salah satu syarat yang harus di penuhi. Aktivitas pemasaran sering kali menjadi ujung tombak dari segala lini bisnis, namun pada prakteknya sering sekali ada aktivitas pemasaran yang tidak sesuai dengan Syariah Islam terlebih pada bisnis yang berkonsep Syariah, hal ini bersifat mutlak. Penelitian ini berjudul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Perspektif Yusuf al-Qaradhawi Terhadap Strategi Pemasaran MWC NU Mart Dlanggu Kabupaten Mojokerto” penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana penerapan strategi pemasaran dalam perspektif etika bisnis Islam Yusuf Qaradawi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana untuk proses pengambilan datanya menggunakan cara wawancara dan dokumentasi dengan pihak yang terkait dengan penelitian ini yakni.jajaran karyawan dan juga staf dari MWC NU Mart Dlanggu. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dalam proses reduksi data selanjutnya penyajian data ditampilkan berdasarkan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1). peneliti pada poin penerapan etika bisnis Islam dalam kaitan dengan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak MWC NU Mart dengan menggunakan metode pemasaran bauran, mulai dari poin (product) hingga ke (physical evidence) bukti fisik. Secara keseluruhan mempunyai performa yang baik, karena MWC NU Mart terbukti dapat menarik dan memberikan kepuasan kepada pelanggan, dan yang paling terpenting adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh MWC NU Mart tidak ada yang menyalahi ketentuan nilai-nilai Syariah. 2). MWC NU Mart terbukti dapat memenuhi semua poin yang di syaratkan oleh Yusuf Qaradhawi, dari segi standarisasi produk, pegawai dan tempat. Sisi penetapan tujuan dan juga perencanaan bisnis kedepan dari hasil wawancara menunjukan adanya perencanaan yang baik dan aplikatif, dari sisi sosial kolaborasi dengan masyarakat bahkan sampai pada tahap pengadaan produk dan juga rekrutmen karyawan.Saran dari hasil penelitian ini yakni agar MWC NU Mart Dlanggu perlu memberi standart pelayanan di berbagai aspek, agar kualitas pelayanan membaik, serta semua pihak yang terkait mampu menjaga istiqomah dalam hal kerja keras dan juga standart baik yang telah berjalan dan kesejahteraan karyawan agar lebih ditingkatkan kedepanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Maulana Nizar Alfauzinizar.alfauzi@gmail.comG04217035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsa.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Etika
Keywords: Etika bisnis Islam; Yusuf Al-Qaradhawi; strategi pemasaran; toko retail
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulana Nizar Alfauzi Nugroho
Date Deposited: 19 Mar 2025 04:47
Last Modified: 19 Mar 2025 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78939

Actions (login required)

View Item View Item