تعليم اللغة العربية في مركز تعميق اللغة العربية لتقوية مهارتي الإستماع والكلام في اللغة العربية لدى طلاب الصف الثاني عشر في المدرسة نور القران الثانوية بروبولينجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Lailatun (2025) تعليم اللغة العربية في مركز تعميق اللغة العربية لتقوية مهارتي الإستماع والكلام في اللغة العربية لدى طلاب الصف الثاني عشر في المدرسة نور القران الثانوية بروبولينجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatun Maghfiroh_06020221042 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2028.

Download (6MB)
[img] Text
Lailatun Maghfiroh_06020221042.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab di Markaz Ta'miq al-Lughoh al-Arabiyah dalam penguatan keterampilan mendengar (istima') dan berbicara (kalam) peserta didik kelas XII MA Nurul Qur'an Probolinggo. (2) Mengidentifikasi kemampuan peserta didik setelah mengikuti program pembelajaran. (3) Menganalisis kelebihan dan kekurangan metode yang diterapkan dalam program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Proses pembelajaran di Markaz Ta'miq al-Lughoh al-Arabiyah mampu membentuk dan memperkuat keterampilan mendengar dan berbicara peserta didik melalui metode seperti diskusi kelompok, simulasi percakapan, dan latihan mendengar cerita dalam bahasa Arab. (2)Peserta didik menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan istima' dan kalam, yang tercermin dari hasil evaluasi yang melebihi rata-rata standar minimal. (3)Kelebihan program ini terletak pada metode pembelajaran yang interaktif, lingkungan belajar yang komunikatif, dan penggunaan praktik bahasa secara langsung. Namun, terdapat beberapa kekurangan, seperti kurangnya intensitas latihan harian dan keterbatasan media audio yang mendukung latihan istima'. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih efektif, khususnya dalam konteks kegiatan ekstrakurikuler di beberapa madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Lailatunlailatunmaghfiroh2002@gmail.com06020221042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafii, Syafiisyafii2121@Gmail.com2018107002
Thesis advisorJannah, Ida Miftakhulidamj@uinsby.ac.id2006088002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; keterampilan mendengar; keterampilan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lailatun Maghfiroh
Date Deposited: 19 Mar 2025 06:35
Last Modified: 19 Mar 2025 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78942

Actions (login required)

View Item View Item