Peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ula, Nashihatul (2025) Peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nashihatul Ula_06020321040 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nashihatul Ula_06020321040 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2028.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab fokus permasalahan yang di teliti, yakni: (1) Bagaimana pengembangan profesionalisme guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik; (2) Bagaimana peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik; (3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pengembangan profesionalisme guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan 4 guru mata pelajaran. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pengembangan profesionalisme guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik melalui pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kompetensi, pengembangan supervisi dengan mengevaluasi kinerja guru dengan memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan profesionalisme melalui sertifikasi yang digunakan sebagai bentuk bahwa sekolah telah meningkan kompetensinya; (2) Peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Al-Karimi Tebuwung Dukun Gresik melalui Kepala sekolah sebagai pendidik bertindak sebagai pendidik yang memberikan arahan, bimbingan, serta motivasi kepada para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kepala sekolah memiliki peran sebagai manajer yang bertanggung jawab dalam mengelola seluruh aspek pendidikan di madrasah. Kepala sekolah melakukan supervisi terhadap kinerja guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Kepala sekolah sebagai pemimpin bertanggung jawab dalam memberikan inspirasi dan teladan bagi guru dan seluruh warga madrasah. (3) Faktor pendukung dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Al-Karimi meliputi sarana-prasarana yang memadai, tingkat pendidikan dan jurusan guru linier atau jurusan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, keikutsertaan guru dalam mengikuti pelatihan dan memiliki hubungan baik dengan masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambat dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Al-Karimi meliputi keterbatasan pengetahuan guru yang memiliki usia tua dalam mengikuti perkembangan teknologi atau kesulitan dalam melakukan penggunaan aplikasi atau web yang berkaitan dengan Pendidikan, kurang efektifnya jam pelatihan dan pembelajaran yang saling bertabrakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ula, Nashihatulnasihaula8@gmail.com060920321040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Keywords: Peran kepala sekolah; Pengembangan profesionalisme guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nashihatul Ula
Date Deposited: 19 Mar 2025 03:28
Last Modified: 19 Mar 2025 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78951

Actions (login required)

View Item View Item