Strategi guru dalam pengendalian emosi siswa di MIN 1 kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiqoh, Laili Ida (2025) Strategi guru dalam pengendalian emosi siswa di MIN 1 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Ida Atiqoh_06040721103.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Laili Ida Atiqoh_06040721103_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2028.

Download (5MB)

Abstract

Faktor yang mempengaruhi emosi siswa kelas IV-D diantaranya faktor keluarga, faktor lingkungan serta faktor teman. Sikap emosi yang dimiliki siswa IV-D yaitu berteriak secara keras, berkata kotor dan tidak sopan menendang pintu, serta melempar benda yang ada disekitar. Setelah terdapat siswa yang emosi maka guru akan memberikan strategi untuk mengendalikan emosi siswa diantaranya displacement, cognitive adjustment, self talk, dengan teknik wudhu, deep breathing, dan strategi coping. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang membuat siswa mempunyai emosi tidak terkendali; 2) untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku emosi yang tidak terkendali; 3) untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh guru saat mengendalikan emosi siswa di MIN 1 Kota Surabaya. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses dalam mengumpulkan data dilakukan dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah 1) Faktor yang membuat siswa emosi tidak stabil yaitu faktor keluarga, teman dan lingkungan sekitar siswa. Faktor keluarga yaitu kurang kasih sayang seorang ibu karena ditinggal tanpa sebab oleh ibunya, dibandingkan dengan kakak, serta permintaan yang tidak dikabulkan sehingga saat di kelas akan meluapkan emosi. Faktor teman yaitu kurang dukungan dari teman, tingkah usil teman di kelas sehingga menimbulkan emosi pada siswa. Faktor lingkungan yang kurang mendukung terdapat kekerasan yang dilakukan di lingkungan sekitar. 2) Bentuk emosi yang dimiliki siswa kelas IV-D yaitu temperamental, agresif, withdrawal, frustasi dan rasa kurang peraya diri. 3) Strategi yang dilakukan guru untuk mengendalikan emosi siswa yaitu displacement guru memberikan arahan untuk melakukan ice breaking, strategi cognitive adjustment guru mengusap kepala, teknik self talk guru menghimbau siswa yang emosi dengan mencoret-coret buku, strategi wudhu hal ini guru menyuruh siswa yang emosi mengambil wudhu, deep breathing guru menghimbau siswa yang emosi dengan menarik nafas perlahan, strategi coping guru menerapkan dengan memohon kepada siswa yang emosi atau lawan siswa tersebut dengan saling meminta maaf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiqoh, Laili Idalailiidaatiqoh30@gmail.com06040721103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohmukhoiyaroh@uinsa.ac.id2009047302
Thesis advisorM. Bahri, Mushtofabahrimusthofa@uinsby.ac.id2022077302
Subjects: Kekerasan
Perilaku
Anak > Kepribadian
Keywords: Strategi guru; bentuk emosi siswa; MIN 1 Kota Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laili Ida Atiqoh
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:53
Last Modified: 20 Mar 2025 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78957

Actions (login required)

View Item View Item