This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ta'dzimah, Imamatut (2025) Pengembangan media pembelajaran fishbone diagram pada pembelajaran teks narasi bahasa jawa kelas IV di MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Imamatut Ta'dzimah_06020721046 OK.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Imamatut Ta'dzimah_06020721046 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 March 2028. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya penggunaan media pembelajaran di kelas IV MIN 1 Kota Surabaya, khususnya untuk mata pelajaran bahasa Jawa. Berdasarkan wawancara kepada guru kelas IV, diketahui bahwa ketika pembelajaran bahasa Jawa hanya menggunakan media berupa buku teks yang berasal dari sekolah. Hal ini menyebabkan kurangnya antusiasme siswa dalam kegiatan pembelajaran, apalagi untuk mata pelajaran bahasa Jawa yang mana sebagian besar siswa kurang menyukai pelajaran tersebut karena dianggap susah dimengerti dan pelafalannya yang susah. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk menjelaskan pengembangan media pembelajaran fishbone diagram pada pembelajaran teks narasi bahasa Jawa. 2) Untuk menjelaskan kevalidan hasil pengembangan media pembelajaran fishbone diagram pada pembelajaran teks narasi bahasa Jawa. 3) Untuk menjelaskan kepraktisan media pembelajaran fishbone diagram pada pembelajaran teks narasi bahasa Jawa. 4) Untuk menjelaskan efektivitas media pembelajaran fishbone diagram pada pembelajaran teks narasi bahasa Jawa. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan dalam model pengembangan ADDIE meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian : 1) Validitas media fishbone diagram pada pembelajaran teks narasi bahasa Jawa mencapai persentase sebesar 86,3% yang termasuk pada kategori sangat valid dan sangat baik untuk digunakan. Sedangkan validitas materi mendapat persentase sebesar 93,75% yang menunjukkan bahwa materi sangat valid. 2) Kepraktisan media fishbone diagram menurut guru kelas IV mendapatkan persentase sebesar 92,5% yang menunjukkan kategori sangat praktis. Sedangkan kepraktisan media menurut siswa kelas IV mendapatkan persentase rata-rata sebesar 81,62% yang menunjukkan kategori praktis. 3) Efektivitas media fishbone diagram mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,59 yang termasuk pada kategori sedang dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran teks narasi bahasa Jawa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Media fishbone diagram; Teks narasi; Bahasa Jawa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Imamatut Ta'dzimah | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2025 05:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2025 05:14 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |