Pengaruh penggunaan model student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ma'arif NU Sunan Drajat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Nabila Dwi (2025) Pengaruh penggunaan model student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ma'arif NU Sunan Drajat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Dwi Cahyani_06040721106.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nabila Dwi Cahyani_06040721106_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh penggunaan Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Madrasah Ibtidaiyah masih mengalami kesulitan. Pendekatan pembelajaran konvensional masih sering digunakan di madrasah, yang mengakibatkan hasil belajar yang masih rendah. Model Student Team Achievement Division (STAD) yang diteliti ini diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan. Penelitian ini mengukur perubahan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas III-B dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas III-C yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi instrumen dinyatakan valid. Uji reliabilitas menunjukkan nilai 0,781 yang mengindikasikan tingkat reliabilitas yang tinggi. Adapun uji tingkat kesukaran berada pada kategori sedang. Pada tahap pre-test, rata-rata nilai pada kelas kontrol adalah 44,06, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 47,43. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional pada kelas kontrol, rata-rata nilai post-test sebesar 61,25. Sedangkan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) rata-rata nilai post-test meningkat dan menunjukkan angka 74,57. Analisis normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Uji homogenitas memperoleh nilai 0,303 yang menunjukkan bahwa data penelitian bersifat homogen. Uji-t dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t-test dan menunjukkan nilai 0,019 dengan signifikansi < 0,05 pada kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat aktif dan pasif di kelas III MI Ma’arif NU Sunan Drajat Lamongan. model student team achievement division (stad) terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas iii MI Ma'arif NU Sunan Drajat Lamongan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Nabila Dwinabiladwicahyani07@gmail.com06040721106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Bahasa Indonesia
Metode Pembelajaran
Keywords: model student team achievement division (stad); hasil belajar; bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabila Dwi Cahyani
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:57
Last Modified: 20 Mar 2025 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78982

Actions (login required)

View Item View Item