This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afdhilah, Abidah Nur (2025) استخدام التقييم التكويني على أساس كويزويزر لتقويم مهارتي القراءة والكتابة لدى طلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Abidah Nur Afdhilah_06020221026 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Abidah Nur Afdhilah_06020221026 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 13 May 2028. Download (3MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui validitas, reliabilitas, Tingkat kesukaran dan daya beda soal pada asesmen formatif berbasis quizwhizzer untuk mengevaluasi Maharoh Qiroah Wa Kitabah Siswa Kelas VIII MTSN 1 Lamongan 2) untuk mengetahui penggunaan asesmen formatif berbasis quizwhizzer untuk mengevaluasi Maharoh Qiroah Wa Kitabah Siswa Kelas VIII MTsN 1 Lamongan 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan asesmen formatif berbasis quizwhizzer untuk mengevaluasi Maharoh Qiroah Wa Kitabah Siswa Kelas VIII MTsN 1 Lamongan Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dengan jumlah sampel penelitian yang terdiri dari 26 siswa kelas VIII E yang mengikuti asesmen menggunakan platform Quiz Whizzer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang digunakan memiliki tingkat validitas yang cukup baik, dengan nilai Thitung fiabel (0.388). Reliabilitas soal membaca mencapai 0.694 (kategori cukup), sedangkan reliabilitas soal menulis memperoleh nilai 0.852 (kategori tinggi). Dari segi tingkat kesulitan, soal membaca terdiri dari 3 soal dalam kategori mudah (P>0.70) dan 12 soal dalam kategori sedang (0.31≤P≤0.70). Untuk soal menulis, tingkat kesulitan berkisar antara 0.48 hingga 0.72, yang sebagian besar masuk kategori sedang. Sementara itu, daya pembeda soal berada pada kisaran 0.21 hingga 0.70, yang menunjukkan bahwa sebagian besar soal memiliki kemampuan yang cukup baik dalam membedakan siswa dengan kompetensi tinggi dan rendah. Penerapan Quiz Whizzer dalam asesmen formatif dapat memotivasi siswa melalui fitur gamifikasi seperti skor langsung dan papan peringkat, meskipun masih terdapat kendala teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil. Secara keseluruhan, asesmen berbasis teknologi ini terbukti lebih praktis dan interaktif dibandingkan metode konvensional serta mempermudah guru dalam memberikan umpan balik secara real-time untuk mengevaluasi keterampilan membaca dan menulis siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan Teknologi |
||||||||||||
Keywords: | Asesmen Formatif; Quizwhizzer; Maharoh Qiroah Wa Kitabah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Abidah Nur Afdhilah | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2025 04:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2025 04:34 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |