Analisis penerapan project based learning dalam mengembangkan keterampilan kolaboratif pada kegiatan P5 kelas 2 di MIN 2 kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halidah, Fitri (2025) Analisis penerapan project based learning dalam mengembangkan keterampilan kolaboratif pada kegiatan P5 kelas 2 di MIN 2 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Halidah_06020721038 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fitri Halidah_06020721038 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2028.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia menekankan penguatan karakter dan keterampilan abad ke-21 melalui berbagai pendekatan model pembelajaran, salah satunya adalah Project Based Learning. Penerapan PjBL dalam kegiatan P5 di kelas 2 MIN 2 Kota Surabaya diharapkan dapat mengembangkan salah satu keterampilan abad ke-21 yaitu keterampilan kolaboratif siswa sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis penerapan Project Based Learning pada kegiatan P5 dalam mengembangkan keterampilan kolaboratif kelas 2 di MIN 2 Kota Surabaya. 2) Untuk menganalisis perkembangan keterampilan kolaboratif pada kegiatan P5 kelas 2 di MIN 2 Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data melalui tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan PjBL dalam kegiatan P5 kelas 2A di MIN 2 Kota Surabaya mulai dari tahap perencanaan hingga evaluasi berjalan dengan baik. Tema kegiatan P5 berupa kearifan lokal tentang permainan tradisional yang berfokus pada empat permainan yaitu egrang batok, lompat tali, dakon, serta bola bekel. 2) Penerapan PjBL dalam kegiatan P5 kelas 2A di MIN 2 Kota Surabaya menunjukkan bahwa dapat mengembangkan keterampilan kolaboratif siswa dengan tercapainya sepuluh indikator keterampilan kolaboratif. Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari tantangan yang dihadapi seperti kesabaran guru dalam menghadapi kemampuan dan kepribadian siswa yang berbeda - beda. Selain itu, tim pengembang kurikulum juga menghadapi tantangan seperti ada beberapa guru yang belum sepenuhnya memahami terkait pembelajaran berbasis proyek

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halidah, Fitrifitrihalidah16@gmail.com06020721038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahrimusthofa@uinsby.ac.id2022077302
Subjects: Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Project based learning; keterampilan kolaboratif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Halidah
Date Deposited: 21 Mar 2025 01:59
Last Modified: 21 Mar 2025 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79017

Actions (login required)

View Item View Item