Pengaruh kedisiplinan guru terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam di kelas VI MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikha, Risma Amaliatus (2025) Pengaruh kedisiplinan guru terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam di kelas VI MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risma Amaliatus sholikha_06030721077 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risma Amaliatus sholikha_06030721077 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang berbeda-beda. Penyebabnya karena kurang disiplinnya beberapa guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas VI di MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas VI di MIN 1 Sidoarjo. Fokus dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa berpengaruh guru yang menjadi subjek utama terhadap hasil belajar siswa yang menjadi objeknya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan probability. Probability atau peluang adalah suatu ukuran tentang kemungkinan suatu peristiwa (event) akan terjadi di masa mendatang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI B di MIN 1 Sidoarjo. Karena jumlah populasi dari kelas VI B hanya 30 siswa yang berarti kurang dari 100 maka dalam penelitian ini melibatkan seluruh anggota siswa kelas enam B. teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linearitas, serta uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa MIN 1 Sidoarjo” yang berarti Diterima. Secara keseluruhan, hasil angket ini menunjukkan bahwa mayoritas aspek kedisiplinan guru telah terlaksana dengan baik, namun terdapat beberapa aspek yang masih perlu diperbaiki. Data ini memberikan panduan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, baik melalui pelatihan guru, pengawasan yang lebih ketat, maupun kebijakan yang lebih tegas terkait kedisiplinan. Dengan demikian, diharapkan kualitas hasil belajar siswa dapat terus meningkat seiring dengan perbaikan yang dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikha, Risma Amaliatusrismaamaliatus28@gmail.com06030721077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawir@uinsa.ac.id2001086501
Thesis advisorSulthon, Masudsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Subjects: Disiplin Sekolah
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Kedisiplinan Guru; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risma Amaliatus
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:32
Last Modified: 21 Mar 2025 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79021

Actions (login required)

View Item View Item