Perilaku shopaholic para selebgram di era konsumerisme: analisis filsafat kebahagiaan epicurus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnomo, Neza Novelia (2025) Perilaku shopaholic para selebgram di era konsumerisme: analisis filsafat kebahagiaan epicurus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Neza Novelia_07010121014 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Neza Novelia_07010121014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2028.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena selebgram di era media sosial telah mendorong gaya hidup konsumtif, di mana kebahagiaan sering dikaitkan dengan kepemilikan barang mewah dan status sosial. Banyak selebgram yang terjebak dalam perilaku shopaholic, membeli barang secara impulsif demi citra dan validasi sosial. Hal ini bertentangan dengan konsep kebahagiaan menurut Epicurus, yang menekankan kesederhanaan, keseimbangan, dan kebebasan dari kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep kebahagiaan Epicurus serta relevansinya terhadap fenomena shopaholic di kalangan selebgram. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif berbasis studi kepustakaan, penelitian ini mengkaji teori Epicurus dan menghubungkannya dengan perilaku konsumtif yang diperkuat oleh media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup konsumtif selebgram bertentangan dengan prinsip ataraxia (ketenangan batin) dan aponia (bebas dari penderitaan fisik). Dorongan untuk terus membeli barang demi pengakuan sosial justru menciptakan kecemasan dan ketidakpuasan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa ajaran Epicurus dapat menjadi refleksi kritis bagi individu yang ingin melepaskan diri dari tekanan konsumtif dan mencari kebahagiaan yang lebih autentik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnomo, Neza Novelianovelianeza15@gmail.com07010121014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaad, Mukhlisinmukhlisin.saad@yahoo.com/mukhlisin@uinsby.ac.id/saadmukhlisin61/gmail.com2028096101
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Psikologi Sosial
Wanita
Keywords: Epicurus; Kebahagiaan; Selebgram; Shopaholic; Konsumerisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Neza Novelia Purnomo
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:54
Last Modified: 21 Mar 2025 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79035

Actions (login required)

View Item View Item