Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui media animasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Unggulan An-Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahda, Mahdiyah Shufyun (2025) Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui media animasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahdiyah Shufyun Nahda_06020921041 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mahdiyah Shufyun Nahda_06020921041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2028.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A1 di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal angka 1-10 pada siswa kelompok A1 di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Hal tersebut terjadi karena penerapan metode ceramah dan bernyanyi, serta kurangnya penerapan media pembelajaran oleh guru sehingga tingkat antusiasme siswa selama pembelajaran menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media animasi dan peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya diterapkan video animasi dengan tema tempat rekreasi yakni kebun binatang yang berisi konsep dasar tentang mengenal angka. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak kelompok A1 di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Instrumen yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan mencapai nilai minimum 75 dan nilai observasi aktivitas guru dan siswa mencapai nilai minimum 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media animasi dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa masing-masing mendapat nilai sebesar 92,68 dan 90,24 pada siklus II yang semula pada siklus I mendapat nilai sebesar 68,3 dan 65,8. Sedangkan nilai rata-rata kelas terus meningkat, pada pra siklus mencapai nilai sebesar 45 kemudian meningkat menjadi 73,3 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 90. Nilai persentase ketuntasan juga terus mengalami peningkatan yang semula pada pra siklus hanya mencapai nilai sebesar 26,6% lalu pada siklus I mencapai nilai sebesar 60% dan mencapai nilai sebesar 93,3% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahda, Mahdiyah Shufyunmahdiyahshufyunn@gmail.com06020921041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Anak
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kemampuan Mengenal Angka; Media Animasi; Angka 1-10.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mahdiyah Shufyun Nahda
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:06
Last Modified: 21 Mar 2025 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79037

Actions (login required)

View Item View Item