This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Salma, Aisyah Kurnia (2025) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada anak berkebutuhan khusus gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) kelas 1 di SDN Manukan Kulon VI Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Aisyah Kurnia Salma_06040721082 OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Aisyah Kurnia Salma_06040721082 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 March 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mendukung kebutuhan belajar anak berkebutuhan khusus, khususnya anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Dalam konteks pendidikan inklusif, guru diharapkan mampu mengakomodasi perbedaan kemampuan, minat, dan gaya belajar peserta didik agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas 1 dengan GPPH di SDN Manukan Kulon VI Surabaya, serta mengidentifikasi tantangan dan strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada anak berkebutuhan khusus, khususnya anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) di kelas 1. Penelitian ini menggunakan metode jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk memahami fenomena, mendeskripsikan, serta menganalisis masalah yang diteliti sehingga dapat menemukan jawaban dari subjek penelitian dan juga fakta yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta untuk menjaga keaslian data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi dilakukan melalui tiga aspek utama, yaitu: 1). diferensiasi konten dilakukan dengan menyajikan materi dalam bentuk visual dan konkret, 2). diferensiasi proses diterapkan dengan strategi pembelajaran berbasis permainan, aktivitas berulang, serta pemberian waktu istirahat lebih sering untuk membantu siswa tetap fokus, dan 3). diferensiasi produk diwujudkan dalam bentuk variasi tugas yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi, seperti keterbatasan waktu dalam merancang pembelajaran yang sesuai, kesulitan dalam manajemen kelas, serta keterbatasan sumber daya pendukung. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dengan GPPH. Oleh karena itu, dukungan dari sekolah dan orang tua menjadi faktor penting dalam keberhasilan strategi pembelajaran ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi; Anak Berkebutuhan Khusus; Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas; Pendidikan Inklusif. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | aisyah salma | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:05 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |