Konsep karakter mandiri peserta didik Kelas 1 SDI Darussalam Nginden Surabaya dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Apriliyanti Kartika (2025) Konsep karakter mandiri peserta didik Kelas 1 SDI Darussalam Nginden Surabaya dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Apriliyanti Kartika Dewi_06010721008 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2028.

Download (5MB)
[img] Text
Apriliyanti Kartika Dewi_06010721008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam membangun generasi muda yang berkarakter, sebagaimana termuat dalam fungsi pendidikan nasional. Namun, tantangan berupa penurunan moral di lingkungan pendidikan menegaskan pentingnya penguatan pendidikan karakter sejak dini. Karakter mandiri, sebagai salah satu nilai utama, menjadi fokus karena membantu individu menghadapi tantangan hidup dengan bertanggung jawab. Lembaga pendidikan, khususnya sekolah dasar, memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui berbagai kegiatan, termasuk ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler kepramukaan di SDI Darussalam Nginden Surabaya menjadi salah satu wadah strategis untuk melatih kemandirian peserta didik melalui pengalaman langsung, tantangan, dan nilai-nilai kepramukaan. Penelitian ini bertujuan mengkaji proses dan strategi pembina dalam pembentukan karakter mandiri peserta didik melalui kegiatan kepramukaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDI Darussalam Nginden Surabaya yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Selain itu, guru dan pembina Pramuka juga menjadi subjek pada penelitian ini untuk menggali informasi terkait strategi dan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di SDI Darussalam Nginden Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan karakter mandiri peserta didik kelas 1 SDI Darussalam dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan yang berpusat pada peserta didik. Pembina memberikan ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk merasakan pengalaman langsung dalam melaksanakan berbagai aktivitas yang melatih kemandirian. Strategi yang diterapkan pembina ekstrakurikuler kepramukaan berhasil membentuk kemandirian peserta didik melalui kombinasi pembiasaan, pelibatan aktif, pemberian tantangan, motivasi, dan evaluasi secara menyeluruh. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan dan strategi yang diterapkan pembina dalam ekstrakurikuler kepramukaan efektif dan relevan diterapkan pada peserta didik kelas 1 SDI Darussalam Nginden Surabaya dalam membentuk karakter mandiri. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan cocok digunakan pada tingkat pendidikan dasar untuk mendukung pengembangan karakter peserta didik yang mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Apriliyanti Kartikaaprilldachea19@gmail.com06010721008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Subjects: Mandiri
Keywords: Pembentukan karakter; mandiri; ekstrakurikuler kepramukaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Apriliyanti Kartika Dewi
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:51
Last Modified: 21 Mar 2025 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79053

Actions (login required)

View Item View Item