This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Amelia, Ananda Zanella (2025) Pengaruh ekstrakulikuler seni tari terhadap perkembangan sosial emosional siswa di MI Al Ihsan Damarsi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Zanella Amelia Ananda_06010721027 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Zanella Amelia Ananda_06010721027 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 May 2028. Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara awal, diperoleh data bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni tari tidak hanya meningkatkan kemampuan seni, tetapi juga kemampuan sosial dan emosional siswa. Siswa yang tadinya pemalu menjadi lebih percaya diri dan mudah berinteraksi, sementara siswa yang mudah menangis kini lebih mampu mengendalikan emosi. Tari terbukti menjadi media efektif untuk ekspresi diri dan pengembangan karakter siswa. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengamati terkait pengaruh eksrakurikuler seni tari terhadap perkembangan sosial emosional siswa di MI Al Ihsan Damarsi Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini yakni untruk mengetahui “Pengaruh ekstrakulikuler seni tari terhadap perkembangan sosial emosional siswa di MI Al Ihsan Damarsi Sidoarjo. Metode penelitian ini yakni kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post facto, karena peneliti tidak memberikan perlakuan atau pengendalian pada variabel bebas. Lokasi penelitian ini di MI Al Ihsan Damarsi Sidoarjo. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan VI dengan jumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data dari wawancara kepada guru kelas, angket kepada peserta didik, serta dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan Uji Normalitas. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan Uji T (Uji One sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi instrumen terdapat 25 dari 27 pertanyaan yang dinyatakan valid. Kemudian hasil uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha Cronbach menunjukkan bahwa 25 butir soal menghasilkan nilai sebesar 0.945 yang mengindikasikan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis normalitas menggunakan uji Uji Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data angket berdistribusi normal. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan Uji One sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H 0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler seni tari terhadap perkembangan sosial emosional siswa di MI Al Ihsan Damarsi Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kesenian Psikologi > Psikologi Anak Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Ekstrakurikuler; Seni Tari; Perkembangan sosial; Perkembangan Emosional. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Zanella Amelia Ananda | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2025 13:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2025 13:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |