Pengembangan Media Assemblr Edu berbantuan video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi interpersonal pada mata pelajaran IPAS di MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Zuha Prisma (2025) Pengembangan Media Assemblr Edu berbantuan video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi interpersonal pada mata pelajaran IPAS di MI Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zuha Prisma Salsabila_02041023019 OK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Zuha Prisma Salsabila_02041023019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 June 2028.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Assemblr Edu yang didukung video sebagai alat bantu ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi interpersonal peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi siklus air. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan jenis ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampling data diambil dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, validasi ahli, angket, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis validitas, analisis kepraktidan, dan analisis efektivitas yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media Assemblr Edu berbantuan Video dirancang menggunakan model ADDIE untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi interpersonal siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Pare melalui materi siklus air. Media ini mencakup tujuh slide interaktif, dari tujuan pembelajaran hingga penjelasan tahapan siklus air. 2) Penilaian validitas menunjukkan koefisien Aiken's V sebesar 0,803 (media) dan 0,812 (materi), yang tergolong sangat valid. Kepraktisan media ditunjukkan oleh 84% siswa yang mampu mengoperasikannya dengan mudah. Uji MANOVA membuktikan efektivitasnya dengan hasil signifikan (p = 0,005), menandakan perbedaan secara simultan dalam kemampuan berpikir kritis dan komunikasi interpersonal antara kelas kontrol dan eksperimen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Zuha Prismazuha.prisma@gmail.com02041023019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Komunikasi
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Media Assemblr Edu Berbantuan Video; Kemampuan Berpikir Kritis; Komunikasi Interpersonal; Pembelajaran IPAS
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuha Prisma Salsabila
Date Deposited: 06 Jun 2025 17:10
Last Modified: 06 Jun 2025 17:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79074

Actions (login required)

View Item View Item