This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Laili, Nur (2025) Pengembangan media assemblr edu untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada ekstrakurikuler drumband siswa SDN Petemon Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nur Laili_02041023006 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nur Laili_02041023006 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 April 2028. Download (3MB) |
Abstract
Pemain pianika ekstrakurikuler drumband di SDN Petemon Surabaya sebagian besar mengalami kesulitan dalam mengekspresikan dinamika dan tempo saat memainkan alat musik, ketepatan nada dalam meningat musik serta membedakan suara. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui desain pengembangan media Assemblr Edu untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada ekstrakurikuler drumband siswa SDN Petemon Surabaya. 2) untuk mengetahui kelayakan produk media Assemblr Edu untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada ekstrakurikuler drumband siswa SDN Petemon Surabaya. 3) untuk mengetahui implementasi media Assemblr Edu untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada ekstrakurikuler drumband siswa SDN Petemon Surabaya. 4) untuk mengetahui efektifitas media Assemblr Edu yang dikembangkan dalam meningkatkan kecerdasan musikal pada ekstrakurikuler drumband siswa SDNPetemon Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D. Pengembangan media mengacu pada model penelitian Borg & Gall. Sampel penelitian 34 pemain pianika ekstrakurikuler drumband SDN Petemon Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi kemudian di uji koefisien aiken’s V, uji t, uji effect size, dan korelasi product moment pearson. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Desain pengembangan penelitian ini menggunakan model desain borg & gall terdiri dari tahap masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi, perbaikan desain dan uji coba produk. Fitur media dalam penelitian ini berupa suara tangga nada diatonis, materi dan tujuan melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan media Assemblr Edu tangga nada diatonis. 2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan angka 0,675 dan 0,968. Media yang dikembangkan dan materi yang terdapat dalam media layak untuk diterapkan. 3) Hasil implementasi menunjukkan peningkatan dalam kecerdasan musikal yang mencakup kemampuan memainkan musik, mengingat musik, membedakan suara, membaca notasi, dan bernyanyi. 4) Hasil efektifitas media Assemblr Edu tangga nada diatonis dilakukan dengan tes praktik. Hasil uji t pretest dan posttest adalah 0,001 Ha diterima yang berarti kecerdasan musikal pemain pianika sesudah menggunakan media Assemblr Edu tangga nada diatonis terjadi peningkatan dari sebelum menggunakan media.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kecerdasan Kesenian Musik |
||||||||||||
Keywords: | Media Assemblr Edu; Kecerdasan Musikal; Ekstrakurikuler Drumband | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Laili | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2025 01:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Apr 2025 01:33 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |