تحليل بنود الأسئلة في التقويم الختامي الدراسي (SAS) لمادة اللغة العربية باستخدام نموذج راش (Rasch Model) للصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثانية سيدوارجو للعام الدراسي ٢٠24 – 2025م

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Aisya (2025) تحليل بنود الأسئلة في التقويم الختامي الدراسي (SAS) لمادة اللغة العربية باستخدام نموذج راش (Rasch Model) للصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثانية سيدوارجو للعام الدراسي ٢٠24 – 2025م. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisya Aulia_06010221001 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Aisya Aulia_06010221001 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2028.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas 35 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian Sumatif Akhir Semester (SAS) mata pelajaran bahasa Arab di MTsN 2 Sidoarjo yang ditinjau berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan Rasch Model dengan bantuan software Winsteps 3.73. Subjek dalam penelitian ini adalah 178 peserta didik kelas VIII MTsN 2 Sidoarjo Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan validitas; Pada soal pilihan ganda sebanyak 31 soal (88,57%) valid dan 4 soal (11,43%) tidak valid, sedangkan pada soal uraian, 5 soal dinyatakan valid (100%). (2) Berdasarkan reliabilitas; Untuk reliabilitas keseluruhan (Cronbach's Alpha), soal pilihan ganda memiliki nilai sebesar 0,78 (Bagus), sedangkan soal uraian hanya sebesar 0,58 (Jelek). (3) Berdasarkan tingkat kesukaran; Pada soal pilihan ganda, 3 butir soal (8,57%) sangat mudah, 18 butir soal (51.43%) mudah, 9 butir soal (25,71%) sukar, dan 5 butir soal (14,29%) sangat sukar. Untuk soal uraian, 2 butir soal (40%) sangat mudah, 1 butir soal (20%) mudah, 1 butir soal (20%) sukar, dan 1 butir soal (20%) sangat sukar. (4) Berdasarkan daya pembeda; Pada soal pilihan ganda, 11 soal (31,43%) sangat bagus, 14 soal (40%) bagus, 5 soal (14,29%) kurang bagus, dan 5 soal (14,29%) buruk. Sedangkan untuk soal uraian, 4 soal (80%) sangat bagus, dan 1 soal (20%) bagus. (5) Berdasarkan kemampuan siswa; Soal pilihan ganda dapat mengelompokkan siswa ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah, tetapi ditemukan 7 siswa misfit. Sebaliknya, soal uraian tidak dapat mengelompokkan siswa karena banyak outlier, dengan 33 siswa masuk kategori misfit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Aisyaaisyaaulia766@gmail.com06010221001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, M.baihaqi@uinsa.ac.id2020027401
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Evaluasi pembelajaran; analisis butir soal; sumatif akhir semester; Rasch Model
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aisya Aulia
Date Deposited: 13 May 2025 10:59
Last Modified: 13 May 2025 10:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79122

Actions (login required)

View Item View Item