This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nikmah, Siti Maghfirotun (2025) Religiopreneurship dalam pengembangan bisnis di kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Siti Maghfirotun Nikmah_07020221043.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Siti Maghfirotun Nikmah_07020221043_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 March 2028. Download (1MB) |
Abstract
Bisnis memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan Sunan Ampel. Salah satu bentuk kewirausahaan yang berkembang dalam konteks ini adalah Religiopreneurship, yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam strategi bisnis. Penelitian ini menganalisis strategi Religiopreneurship dalam mengembangkan bisnis di kawasan wisata religi Sunan Ampel dengan menyoroti bagaimana para pelaku usaha memanfaatkan unsur religius sebagai daya tarik bisnis serta menciptakan usaha yang berkelanjutan di lingkungan tersebut. Dalam konsep ini, wirausahawan tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial, tetapi juga berupaya menerapkan serta memenuhi kebutuhan religius masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan serta menganalisis data yang didapat di lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang di makam Sunan Ampel tidak hanya berfokus pada aspek ekonomi, tetapi juga menerapkan nilai spiritual dalam menjalankan bisnis mereka. Strategi Religiopreneurship yang diterapkan di makam Sunan Ampel dalam mengembangkan bisnis meliputi prinsip kejujuran, kehalalan produk, pemanfaatan teknologi digital, inovasi serta bauran pemasaran yang menjadi landasan utama dalam strategi yang digunakan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Agama Bisnis |
||||||||
Keywords: | Strategi bisnis; religiopreneurship; pemasaran 4P | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama | ||||||||
Depositing User: | Maghfirotun Nikmah | ||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:54 | ||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:54 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |