Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika berbasis taksonomi bloom revisi dan taksonomi SOLO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Crisnina Intan Setyo (2025) Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika berbasis taksonomi bloom revisi dan taksonomi SOLO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Crisnina Intan Setyo Maharani_06010421006.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Crisnina Intan Setyo Maharani_06010421006_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 March 2028.

Download (13MB)

Abstract

Kerangka kerja yang digunakan untuk merumuskan tujuan pembelajaran yaitu Taksonomi Bloom Revisi dan Taksonomi SOLO. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, reliabilitas, daya pembeda, serta indeks kesukaran instrumen penilaian hasil belajar matematika berbasis Taksonomi Bloom Revisi dan Taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yakni ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji coba dilakukan pada 32 siswa kelas XII-4 SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi dan tes tulis. Teknik analisis data validitas logis yaitu menggunakan rumus Aiken’s, analisis data validitas empirik dan reliabilitas menggunakan Korelasi Product Moment, sedangkan analisis data daya pembeda dan indeks kesukaran menggunakan rumus daya pembeda dan indeks kesukaran butir soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas logis seluruh butir soal pada aspek konstruk (A1) memiliki 5 butir soal kategori “tinggi” dan 5 butir soal kategori “sangat tinggi” dari 10 butir soal. Aspek isi (A2) memiliki 2 butir soal kategori “tinggi” dan 8 butir soal kategori “sangat tinggi” dari 10 butir soal. Aspek kompleksitas (A3) memiliki 3 butir soal kategori “tinggi” dan 7 butir soal kategori “sangat tinggi” dari 10 butir soal. Aspek bahasa (A4) memiliki 7 butir soal kategori “tinggi” dan 3 butir soal kategori “sangat tinggi” dari 10 butir soal. Sedangkan pada validitas empirik sebanyak 2 butir soal pada kategori “sangat tinggi”, 7 butir soal kategori “tinggi”, dan 1 butir soal kategori “sedang” dari 10 butir soal. 2) Reliabilitas instrumen penilaian yang dihasilkan sebesar 0,89 termasuk pada kategori sangat baik dengan korelasi sangat tinggi. 3) Daya pembeda butir soal apabila ditinjau dari level Taksonomi SOLO terdapat 30 subsoal kategori “cukup”, 6 subsoal kategori “jelek”, dan 4 subsoal kategori “baik” dari 40 subsoal. Sedangkan jika ditinjau dari dimensi proses kognitif dan jenis pengetahuan Taksonomi Bloom Revisi terdapat 8 butir soal kategori “cukup” dan 2 butir soal kategori “jelek” dari 10 butir soal. 4) Indeks kesukaran butir soal apabila ditinjau dari level Taksonomi SOLO terdapat 13 subsoal kategori “mudah”, 21 subsoal kategori “sedang”, dan 6 subsoal kategori “sukar” dari 40 subsoal. Sedangkan jika ditinjau dari dimensi proses kognitif dan jenis pengetahuan Taksonomi Bloom Revisi terdapat 2 butir soal kategori “mudah”, 6 butir soal kategori “sedang”, dan 2 butir soal kategori “sukar”dari 10 butir soal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Crisnina Intan Setyocrisninaintan18@gmail.com06010421006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaeupulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsa.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Keywords: Instrumen penilaian matematika; taksonomi bloom revisi; taksonomi SOLO
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Crisnina Intan Setyo Maharani
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:42
Last Modified: 26 Mar 2025 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79203

Actions (login required)

View Item View Item