This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Choirunnisa, Fitra Nur (2025) Pengaruh pendidikan multikultural terhadap toleransi beragama peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Fitra Nur Choirunnisa_06010121016.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Fitra Nur Choirunnisa_06010121016_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 March 2028. Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan multikultural berperan penting dalam menanamkan nilai toleransi beragama agar peserta didik dapat menghargai perbedaan dan hidup berdampingan secara harmonis. Sekolah sebagai tempat belajar memiliki peran besar dalam menanamkan sikap toleransi melalui berbagai program yang mendukung pemahaman dan penghormatan terhadap perbedaan agama. Namun, masih ada tantangan seperti sikap intoleransi dan kurangnya pemahaman terhadap agama lain di lingkungan sekolah. Beberapa siswa mungkin sulit menerima perbedaan karena pengaruh lingkungan atau kurangnya edukasi tentang keberagaman. Dari pernyataan diatas, dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui: 1) pendidikan multikultural di SMP Negeri 22 Surabaya, 2) perilaku toleransi beragama peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 22 Surabaya, 3) pengaruh pendidikan multikultural terhadap perilaku toleransi beragama peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 22 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan secara bersamaan menggunakan kuesioner dan skala likert sebagai pengskorannya. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas VIII, karena jumlah populasi banyak maka peneliti mengambil sampel secara acak atau dengan teknik random sampling. Dari 350 peserta didik hanya diambil 20% saja, yakni 70 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendidikan multikultural di SMP negeri 22 Surabaya terletak pada rentang nilai 93% dalam kategori sangat baik; 2) perilaku toleransi beragama peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 22 Surabaya terletak pada rentang nilai 88% kategori sangat baik; 3) Berdasarkan persamaan regresi linear sederhana Y = 14,560 + 0,600X yang berarti apabila terjadi peningkatan 1 skor poin maka nilai perilaku toleransi beragama peserta didik akan mengalami kenaikan sebesar 0,600. Dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Fhitung sebesar 74.087 dengan taraf signifikansi 0,000 > 0,05 yang artinya H0 ditolak. Dan besar pengaruh yang diberikan oleh kontribusi pendidikan multikultural terhadap perilaku toleransi beragama peserta didik sebesar 52,1% yang menyatakan pengaruhnya cukup kuat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Toleransi Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan Budaya |
||||||||||||
Keywords: | Pendidikan multilkultural; toleransi beragama; keberagaman | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Fitra Nur Choirunnisa | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2025 07:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:28 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |