Pengaruh kurikulum merdeka dan pembinaan berbasis ma’hady terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Fajrul (2023) Pengaruh kurikulum merdeka dan pembinaan berbasis ma’hady terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Fajrul Falah_02040820019.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Fajrul Falah_02040820019_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 April 2028.

Download (4MB)

Abstract

Merdeka belajar berfokus pada kebebasan dan pemikiran kreatif. Salah satu program yang dipaparkan oleh Kemendikbud dalam peluncuran merdeka belajar ialah dimulainya program sekolah penggerak. Kehidupan di sekolah dengan adanya ma’hady jelas berbeda dengan kehidupan sebelumnya selama tinggal di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kurikulum Merdeka dan pembinaan berbasis ma’hadiy, untuk menganalisis hasil belajar pendidikan agama Islam bagi peserta didik, dan untuk menganalisis pengaruh kurikulum Merdeka dan pembinaan berbasis ma’hadiy terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif. Hasil penelitian ini adalah: implementasi kurikulum Merdeka berjalan dengan baik dan maksimal dengan prosentase pelaksanaan 74% yang dapat dikatagorikan baik. Sedangkan sisanya 26,6% pembelajaran dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain kurikulum Merdeka. Sedangkan pembinaan berbasis ma’hady berjalan dengan baik dan maksimal dengan prosentase pelaksanaan 72,1% yang dapat dikatagorikan baik. Berdasarkan nilai R2 (koefisien determinasi) sebesar 0.820 atau 82%, hal ini menunjukkan bahwa hasil hasil belajar PAI sebesar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PAI peserta didik di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik berjalan maksimal dengan prosentase prosentase 82% yang dapat dikatagorikan baik. Terdapat korelasi antara variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y). Hal ini terindikasi dari Nilai Fhitung sebesar 7,335 dan Ftabel sebesar 3.28 sedangkan nilai signifikansi = 0.00 sehinga Fhitung 7,335 > Ftabel 3.28 dan 0.00 < 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya secara simultan ada pengaruh positif kurikulum merdeka dan pembinaan berbasis ma’hadiy terhadap hasil belajar pendidikan agama islam bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Driyorejo Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Fajrulfajrulfalah1996@gmail.com02040820019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Subjects: Belajar
Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Kurikulum; ma’hady; Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Falah Fajrul
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:19
Last Modified: 22 Apr 2025 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79392

Actions (login required)

View Item View Item