This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nisa`, Tsalis Febrianti Muthoharotun (2025) Implementasi metode project based learning pada Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecakapan sosial generasi alpha di SMP Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Tsalis Febrianti Muthoharotun Nisa`_06040121128 full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 April 2028. Download (6MB) |
![]() |
Text
Tsalis Febrianti Muthoharotun Nisa`_06040121128.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Project Based Learning dalam pembelajaran PAI guna meningkatkan kecakapan sosial siswa Generasi Alpha di SMP Negeri 1 Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen, di mana dua kelompok kelas dibandingkan, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan Project Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan SPSS for Windows. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai Kolmogorov-Smirnov 0,200 untuk kelas kontrol 0,166 untuk kelas eksperimen variabel X dan 0,200 untuk kelas kontrol 0,133 untuk kelas eksperimen variabel Y. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin efektif implementasi Project Based Learning, semakin meningkat pula keterampilan sosial siswa dalam aspek komunikasi, kerja sama, dan penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Project Based Learning dalam pembelajaran PAI telah terlaksana dengan sangat baik, sebagaimana dibuktikan melalui hasil perhitungan yang menunjukkan persentase keterlaksanaan sebesar 91,42%. Persentase ini berada dalam interval >90%, yang menurut pedoman kesimpulan menunjukkan bahwa penerapan metode ini tergolong sangat baik. Dengan demikian, metode Project Based Learning diterapkan secara optimal dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Lamongan. (2) Penerapan metode Project Based Learning berhasil meningkatkan kecakapan sosial peserta didik secara signifikan, dari 38,6% (kategori "Kurang") menjadi 84,68% (kategori "Sangat Baik"). Hasil ini menunjukkan bahwa Project Based Learning efektif dalam mengembangkan kecakapan sosial peserta didik, yang penting untuk keterampilan hidup dan kerja sama. (3) Hasil uji Independent Sample t-test menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,001, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen (yang menerapkan Project Based Learning) dan kelas kontrol (yang menggunakan metode konvensional). Kelas eksperimen yang menerapkan Project Based Learning memiliki rata-rata kecakapan sosial lebih tinggi (63,52) dibandingkan kelas kontrol (51,97), serta peningkatan keterampilan sosial yang lebih baik (62,81) dibandingkan (56,68) pada kelas kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa yang belajar dengan metode Project Based Learning mengalami peningkatan kecakapan sosial yang lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan metode konvensional.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kecakapan Pendidikan Toleransi |
||||||||||||
Keywords: | Project Based Learning; PAI; kecakapan sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Tsalis Febrianti Muthoharotun Nisa` | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |