Pengembangan bahan ajar halal Lifestyle dengan metode project based learning (PJBL) tematik multidisipliner dalam pembelajaran al islam fase d kelas VIII SMP Muhammadiyah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Puspita (2024) Pengembangan bahan ajar halal Lifestyle dengan metode project based learning (PJBL) tematik multidisipliner dalam pembelajaran al islam fase d kelas VIII SMP Muhammadiyah Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puspita Handayani_01040421007 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Puspita Handayani_01040421007 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 April 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang memperkenalkan konsep halal lifestyle melalui pendekatan Project Based Learning (PjBL) dengan prespektif tematik multidisipliner, diimplementasikan dalam mata pelajaran Al Islam untuk kelas VIII di SMP Muhammadiyah di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi empat tahapan utama: analisis, pengembangan, pengujian, dan implementasi. Hasil penelitian dari bahan ajar yang dikembangkan mendapat nilai kelayakan tinggi dengan rat-rata 99% untuk kelayakan materi, 98% untuk validasi bahan ajar, dan 100% untuk Rancangan Rencana Pembelajaran. pengujian efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terkait halal lifestyle, dengan uji N-Gain menunjukkan rata-rata kelas uji 52,26% dibandingkan dengan kelas kontrol 16,68%. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar halal lifestyle metode PjBL Tematik Multidisipliner memunculkan konsep baru yang menekankan pentingnya halal awareness education. Dengan menggunakan bahan ajar ini, siswa mampu menunjukkan pemahaman lebih mendalam terhadap nilai – nilai halal, serta mampu menghubungkan konsep keagamaan dengan disiplin ilmu liannya seperti; pengetahuan sosial dan ekonomi. Integrasi konsep halal lifestyle dalam Pendidikan agama tidak hanya membentuk sikap spiritual value terhadap gaya hidup, tetapi juga menjadikan siswa lebih peka terhadap tren global yang mempromosikan gaya halal, berkualitas dan berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Puspitairdayani456@gmail.com01040421007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhammad Yunus, Abu Bakarelyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Thesis advisorAli Mudlofir, Mudlofirmudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Muhammadiyah
Keywords: Halal lifestyle; Al Islam; Metode PjBL Tematik; Multidisipliner
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puspita puspita handayani handayani
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:09
Last Modified: 21 Apr 2025 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79593

Actions (login required)

View Item View Item