Peningkatan kemampuan mengenal binatang pada anak usia 4-5 tahun melaui penerapan media pembelajaran digital berbasis aplikasi wordwall di TK unggulan an Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Lia (2025) Peningkatan kemampuan mengenal binatang pada anak usia 4-5 tahun melaui penerapan media pembelajaran digital berbasis aplikasi wordwall di TK unggulan an Nur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Indriani_06020921039 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 April 2028.

Download (7MB)
[img] Text
Lia Indriani_06020921039.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan mengenal binatang merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini, khususnya pada usia 4-5 tahun. Anak pada usia ini sedang berada pada tahap eksplorasi dan sangat tertarik dengan lingkungan sekitar, termasuk dunia binatang. Namun, pembelajaran konvensional sering kali kurang menarik perhatian anak, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal binatang pada anak usia dini melalui penerapan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Wordwall di TK Unggulan An Nur Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan Lembar Kegiatan Anak (LKA) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak setelah penerapan media Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital berbasis aplikasi Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal binatang pada anak usia dini. Wordwall menyediakan berbagai fitur seperti kuis, permainan, dan latihan soal yang menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan minat belajar anak. memperkuat daya ingat, serta mendorong berpikir kritis. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar anak dari 52,42 pada siklus I menjadi 80,09 pada siklus II, serta peningkatan ketuntasan belajar dari 40% menjadi 86,6%. Dengan demikian, media Wordwall terbukti dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal binatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Lialiaind30@gmail.com06020921039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Guru
Pendidikan
Pendidikan > Anak
Keywords: Binatang; anak usia 4-5 tahun; media pembelajaran digital; aplikasi wordwall
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lia Indriani
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:06
Last Modified: 28 Apr 2025 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79676

Actions (login required)

View Item View Item