Strategi persuasi dalam public speaking M. Ali Aziz pada program fajarsyiar Radio El Victor FM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alif, Muhammad Ghulam (2024) Strategi persuasi dalam public speaking M. Ali Aziz pada program fajarsyiar Radio El Victor FM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ghulam Alif_04020120051.pdf

Download (23MB)
[img] Text
Muhammad Ghulam Alif_04020120051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2028.

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi persuasi yang digunakan oleh M. Ali Aziz dalam public speaking dakwah di program Fajar Syiar Radio El Victor FM. Tujuannya adalah untuk mengungkap bagaimana teknik persuasi retoris mempermudah penyampaian materi dakwah dan menarik perhatian masyarakat terhadap ajaran Islam. Metode yang digunakan adalah analisis teks dengan pendekatan analisis wacana kritis menurut Norman Fairclough, yang fokus pada hubungan antara aspek linguistik dan realitas sosial. Penelitian ini bertujuan memberikan wawasan mendalam tentang efektivitas komunikasi dakwah melalui media radio serta kontribusi teknik persuasi dalam mencapai tujuan dakwah. Prof. Ali Aziz berhasil mennggabungakan ketiga elemen utama retorika Aristoteles Logos, Pathos, dan Ethos dalam penyampaian pesannya di program Fajarsyiar Radio El Victor FM Surabaya. Melalui Logos, ia membangun argumen yang kuat dengan menghubungkan ide-ide dan referensi dari teks lain, menciptakan pemahaman logis bagi audiens. Pathos tercermin dalam penyampaian emosional yang menggugah, membangun ikatan emosional dengan pendengar, dan mendorong mereka untuk merasakan pesan yang sama. Sementara itu, Ethos diperkuat oleh kredibilitas akademis, pengalaman dakwah internasional, serta karya tulisnya yang memperlihatkan otoritas dan komitmennya. Secara keseluruhan, Prof. Ali Aziz berhasil memadukan ketiga elemen ini untuk menciptakan pesan yang tidak hanya informatif tetapi juga inspiratif, mempengaruhi audiens untuk bertindak dan merenungkan nilai-nilai yang disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alif, Muhammad Ghulamghulamalif19@gmail.com04020120051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmamlhakim@uinsa.ac.id2021087302
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Strategi
Radio - Penyiaran
Keywords: Persuasi; public speaking; Prof. Dr Moh. Ali Aziz
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Ghulam Alif
Date Deposited: 16 May 2025 01:56
Last Modified: 16 May 2025 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79725

Actions (login required)

View Item View Item